Pengertian Akuntansi Adalah, Jenis Akuntansi Secara Umum

Pengertian Akuntansi Definisi Jenis Akuntansi Secara Umum

Pengertian Akuntansi Adalah, Jenis akuntansi Secara Umum. Penjelasan definisi akuntansi, makna dan arti serta macam ragam akuntansi yang perlu dipahami. Jika kalian memang pada awalnya sudah sering mendengar kata akuntansi, apakah kalian juga tahu tentang apa pengertian dari akuntansi? Jika sebelumnya telah kalian pelajari kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) dalam kehidupan sehari-hari, maka kali ini kalian akan memahami materi tentang pengertian akuntansi di website ILMUPELAJARAN.COM.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu aktivitas yang di lakukan sebagai suatu proses mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengelola sampai dengan penyajian data kuantitatif yang berkaitan dengan keuangan yang berasal dari suatu transaksi maupun suatu kejadian. Semua ini adalah data yang memiliki hubungan erat dengan keuangan, sehingga suatu saat memungkinkan untuk dapat digunakan untuk pengambilan suatu keputusan atau tujuan yang lainnya.

Pengertian lainnya dari akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi non-profit, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.

Untuk saat ini, kebutuhan informasi keuangan yang ada di setiap perusahaan atau instansi semakin berkembang dari mulai jenis nya ataupun penyajiannya mengenai suatu informasi keuangan perusahaan secara cepat dan dengan hasil yang akurat, dengan tujuan akan dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

Jenis-jenis Akuntansi

Jika dilihat secara umum, ada beberapa jenis akuntansi yang bisa dipelajari. Mulai dari akuntansi keuangan (financial accounting), akuntansi pemeriksaan (auditing), akuntansi biaya (cost accounting), akuntansi manajemen (management accounting), akuntansi perpajakan (tax accounting), peranggaran (budgeting), akuntansi pemerintahan (governmental accounting), sistem akuntansi (accounting system), akuntansi pendidikan (education accounting), akuntansi internasional (international accounting), dan akuntansi sosial (social accounting)

Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Akuntansi Keuangan atau juga bisa disebut sebagai Financial Accounting adalah salah satu bidang akuntansi yang di dalamnya memiliki kegiatan contohnya mencatat semua kegiatan finansial yang berkaitan dengan akuntansi atau yang sudah di khususkan untuk memproses pencatatan ekonomi secara keseluruhan. Bidang akuntansi ini memiliki kaitan dengan akuntansi lain yang berguna untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Umumnya adalah seperti pencatatan transaksi keuangan hingga penyajian data hasil dari bentuk laporan keuangan perusahaan.

Akuntansi keuangan juga dapat disebut sebagai bidang akuntansi yang memiliki kegiatan berupa pencatatan kegiatan financial, untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Akuntansi Pemeriksaan atau yang sering kita sebut sebagai Auditing juga merupakan salah satu bidang yang memiliki bidang langsung dengan bagian audit secara bebas. Ini digunakan untuk mendapatkan informasi akuntansi yang akan di sajikan sesuai dengan kebutuhannya nanti sehingga informasi akuntansi tersebut dapat di percaya.

Catatan ini juga memiliki tujuan penting lainnya seperti taat terhadap kebijakan yang ada, mematuhi prosedur dan penilaian efesiensi dan efektifitas dari suatu kegiatan. Konsep dari akuntansi keuangan dengan jenis auditing ialah berfokus pada objektifitas dan independensi yang awalnya berasal dari kegiatan pemeriksaan dan kerahasiaan yang bersumber dari pengumpulan suatu bukti – bukti yang sangat relevan.

Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi Biaya atau juga disebut sebagai Cost Accounting merupakan salah satu bidang akuntansi yang di dalamnya memiliki tugas untuk mencatat serta menghitung dan menganalisis sebuah data yang sedang berada pada perusahaan industri. Mereka juga bertugas untuk memberikan estimasi harga budget barang produksi.

Maka dari itu dengan menggunakan akuntansi biaya, perusahaan akan akan mendapatkan laporan harga sehingga bisa di gunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan yang dapat dimanfaatkan di masa depan.

Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi Manajemen juga adalah salah satu bidang akuntansi yang sering kita dengar. Disini tugas para pekerjanya adalah untuk memberikan sebuah informasi yang memiliki kaitan pada manajemen dalam menjalankan suatu usahanya. Data dari akuntansi biaya biasanya bisa dimanfaatkan oleh akuntansi manajemen. Akuntansi biaya dan Akuntansi manajemen memang berbeda dalam pencapaian tujuannya, namun pada pelaksanaannya bisa dilakukan dengan cara bersamaan.

Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Kegiatan yang ada pada bidang akuntansi perpajakan ini yaitu diantaranya adalah menyusun surat pemberitahuan dari pajak dan juga mempertimbangkan suatu konsekuensi perpajakan dari suatu transaksi usaha, yang sebelumnya telah di rencanakan oleh suatu perusahaan terlebih dahulu.

Tujuan dari bidang akuntansi pajak ini tidak jauh dari supaya suatu perusahaan bisa membayar pajak sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah tanpa kesalahan hitung atau menyebabkan kerugian yang tidak perlu.

Peranggaran (Budgeting)

Juga sering disebut dengan bagian yang melaksanakan budgeting, adalah bidang akuntansi yang akan melakukan suatu kegiatan dengan cara menyusun sebuah anggaran, baik dari anggaran pendapatan maupun anggaran dari biaya dasar.

Para penyusun anggaran ini juga memiliki pedoman, suatu pedoman tertentu ataupun pedoman yang telah menjadi standar dari suatu badan atau kelompok. Ini juga dijadikan satu pedoman bagi suatu perusahaan, perorangan atau bahkan pemerintah sendiri dalam melakukan suatu kegiatan finansial mereka di masa yang akan datang nanti.

Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Akuntansi Pemerintahan juga dapat disebut sebagai Governmental Accounting, merupakan bidang akuntansi yang digunakan untuk diterapkan pada lembaga pemerintahan. Akuntansi pemerintahan ini juga memiliki tujuan sebagai penyaji suatu laporan keuangan, pengendalian serta melakukan aktivitas pengawasan keuangan pemerintah atau keuangan negara.

Dalam akuntansi pemerintahan ini, mereka memiliki tugas untuk menyajikan suatu informasi yang telah berupa data akuntansi yang berasal dari berbagai aspek pengolahan keuangan pemerintah serta negara, untuk kemudian dapat dijadikan landasan ketika akan melakukan suatu pengendalian pengeluaran anggaran.

Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem Akuntansi adalah bidang akuntansi yang di dalamnya memiliki tugas untuk melaksanakan suatu kegiatan dengan merencanakan terlebih dahulu. Mereka yang bekerja pada bidang ini bertugas untuk menuliskan mengenai cara bagaimana melakukan pencatatan akuntansi agar aman, efektif dan efisien yang di mulai dari mengorganisir suatu dokumen, formulir-formulir yang ada dan juga menyusun suatu prosedur untuk pencatatan nya.

Pada sistem akuntansi, kegiatannya sangat berkaitan dengan pembuatan prosedur yang ada dalam akuntansi. Bukan hanya itu, disini juga membuat semua hal yang digunakan untuk pendukung lainnya dengan tujuan akan di ikuti. Sengan adanya sistem akuntansi ini, beberapa informasi akuntansi yang penting akan mudah digunakan perusahaan untuk mengambil keputusan.

Akuntansi Pendidikan (Education Accounting)

Akuntansi Pendidikan atau juga dapat di sebut dengan Education Accounting, ialah salah satu bidang akuntansi yang memiliki bidang khusus yang umumnya akan langsung diarahkan di bidang pendidikan. Akuntansi pendidikan ini biasanya berisi mengenai pengajaran akuntansi, pengetahuan dan penyusunan kurikulum pendidikan, atau hal lain yang masih berhubungan dengan bidang keilmuan akuntansi.

Sehingga akuntan yang bekerja dan bergelut di dunia pendidikan juga dapat disebut dengan salah satu bagian akuntansi pendidikan atau education accounting.

Akuntansi Internasional (International Accounting)

Akuntansi Internasional adalah salah satu bagian yang di dalamnya mencakup suatu masalah-masalah yang sedang terjadi dalam suatu transaksi perdagangan internasional atau lintas negara. Ini pula yang sering terjadi pada perusahaan-perusahaan yang sudah multi nasional. Selain seperti yang telah disebutkan, akuntansi internasional juga membahas mengenai laporan keuangan yang terjadi setiap jamnya, valuta asing, perpajakan dalam perusahaan internasional, audit internasional dan juga manajemen yang dilakukan pada bisnis internasional lainnya.

Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Akuntansi Sosial adalah salah satu akuntansi yang didalamnya berisi kegiatan penyusunan, pengukuran serta analisis yang dilakukan terhadap konsekuensi yang ada pada sosial dan ekonomi dari suatu perilaku yang saling berkaitan dengan pemerintah dan juga wirausahawan. Akuntansi sosial adalah bagian yang sangat fokus terhadap kinerja pemerintah maupun pelaku bisnis dengan baik.

Tagged as: