Otot Biseps dan Triseps: Pengertian, Ciri-ciri & Cara Kerja

Pengertian Otot Biseps Definisi Triseps Ciri Cara Kerja

Otot Biseps dan Triseps: Pengertian, Ciri-ciri & Cara Kerja. Definisi otot bisep dan trisep, penjelasan ciri-ciri, bagaimana cara kerja dan tips melatihnya. Berat badan kita dipengaruhi oleh 40-50% otot. Maka dari itu sebelum kita membahas lebih jauh mengenai otot triseps dan biseps, maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang fungsi dari otot dan definisinya.

Otot adalah sekumpulan sel otot yang membentuk jaringan. Ini membuat otot menjadi alat penggerak yang menggerakkan tulang. Jaringan otot juga dikenal dengan sebutan alat gerak aktif pada sistem gerak manusia. Otot memiliki fungsi untuk membantu menstabilkan sendi dalam. Selain itu, otot juga akan membantu menopang dan mempertahankan postur tubuh kita. Inilah yang membuat tubuh kita dapat berdiri tegak. Otot juga memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh kita dapat memiliki suhu yang stabil.

Otot rangka memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Otot juga adalah bagian tubuh yang mampu melakukan berbagai tugas fisik lainnya. Mka dari itu, otot juga berperan untuk membantu kesehatan tubuh. Otot manusia memiliki ciri yang disebut kontrabilitas , ekstensibilitas, dan elastisitas. Kontrabilitas merupakan kemampuan kerja otot untuk dapat berkontraksi atau memendek. Ekstensibilitas ialah kemampuan kerja otot untuk dapat berelaksasi atau memanjang. Sedangkan elastisitas ialah kemampuan kerja otot untuk dapat kembali ke bentuk awalnya atau semula.

Otot Biseps

Otot biseps adalah otot yang letaknya paling dekat dengan kulit. Otot biseps nama aslinya adalah otot biceps brachii. Kita sendiri juga akan mudah untuk melihatnya. Para binaragawan basanya sering menunjukkan otot biseps di ajang kompetisi. Otot ini dapat berkembang dan tumbuh besar jika dilakukan latihan beban yang rutin dan intensif.

Dalam penggunaannya untuk sistem pergerakan tubuh manusia, otot biseps adalah yang paling berperan penting. Otot biseps dapat dilihat dari luar, sehingga kita akan dengan mudah mengenalinya.

Ciri-ciri Otot Biseps

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari otot biseps, yaitu:

  • Otot ini dapat dilihat dengan mata telanjang ataupun dilihat secara langsung.
  • Otot biseps memiliki dua kepala atau caput. Keduanya terletak pada daerah yang berbeda.
  • Otot biseps dapat ditemukan pada daerah lengan sebelah atas ketika lengan ditekuk kedalam.

Contoh posisi otot biseps yang dapat kalian temui yaitu pada bagian tangan dari ujung telapak tangan hingga pangkal tangan. Kalian dapat melihatnya entah ketika diluruskan maupun ditekuk.

BACA JUGA: KESEIMBANGAN EKOSISTEM

Cara Kerja Otot Biseps

Kalian tahu para binaragawan? Kenapa mereka sering sekali terlihat menekuk lengan mereka? Ini merupakan salah satu cara kerja otot biseps. Otot biseps akan membesar pada bagian atas lengan. Ini dikarenakan terjadinya sebuah kontraksi dan menyebabkan otot tersebut menjadi memendek. Ini akan berlawanan apabila jika lengan tangan diluruskan, otot biseps akan menjadi terelaksasi dan memanjang.

Cara kerja dari otot ini masuk ke dalam jenis otot antagonis. Ini dikarenakan otot biseps selalu ditemani oleh otot triseps. Kedua otot selalu bekerja secara berlawanan. Dimana ketika otot biseps berkontraksi maka otot triseps akan berelaksasi, begitupun sebaliknya.

Cara Melatih Otot Biseps

Agar menjadi bagus dan kuat, otot biseps dapat diberi pelatihan gerakan yang beraneka ragam. Seperti contohnya adalah sebagai berikut:

Total Interved Row

Total Interved Row adalah gerakan yang pada penerapannya menggunakan besi yang melintang horizontal. Besi ini kemudian digunakan untuk menggantungkan tubuh. Pada posisi ini, kalian juga dapat menggunakan handuk atau kain tebal untuk digunakan sebagai pegangannya.

Cara untuk melakukannya yaitu cukup dengan gantungkan dua kain atau handuk pada pegangan besi yang telah diletakkan horizontal tersebut. Gunakan tangan kanan dan kiri untuk memegang kedua handuk yang telah digantungkan di antaranya. Luruskan tangan kedepan, setelah itu tarik handuk dengan bersamaan. Lakukan hingga tangan menekuk dan tubuh terangkat hingga bergantung pada handuk saja.

Close-Grip Chin Up

Close-Grip Chin Up adalah gerakan yang pada penerapannya dilakukan denganpose bergantung pada besi horizontal yang sebelumnya sudah disiapkan. Ini mirip seperti Interved Row namun hanya menggunakan tangan kosong. Usahakan jarak tangan kiri dan tangan kanan hanya berkisar sekitar 15 cm saja. Lakukan gerakantersebut dengan menggantungkan diri dan posisi tangan lurus. Arahkan pandangan kedepan dan kepala tetap lurus. Lalu tarik tangan hingga dagu terangkat dan berada di posisi lebih tinggi dari besi yang digunakan menggantung tersebut. Kemudian luruskan kembali tangan menjadi seperti pose pertama.

BACA JUGA: GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK

Otot Triseps

Lain dengan otot biseps, biasanya otot triseps akan lebih susah untuk dicari keberadaanya. Otot triseps (atau triceps brachii) memiliki kepala besar dan bercaput tiga. Memiliki nama lain Triceps Brachii atau otot triseps yang berarti bahwa bercaput tiga. Ini dikarenakan tiga capit tersebut berada pada tiga tempat yang juga berbeda. Kepala atau caput otot triseps tersebut ada beberapa macam yaitu caput longum, caput medial, dan caput lateralis.

Otot triseps berfungsi penahan beban lengan pada sendi bahu dan ekstensi sendi siku. Namun berbeda pada jenis caput longum, dimana dapat melakukan adduksi atau gerakan mendekati sendi bahu.

Cara Kerja Otot Triseps

Otot triseps berada pada bagian bawah ketika lengan ditekuk. Cara otot triseps adalah berelaksasi dengan cara memanjang. Apabila kita membuat lengan tangan menjadi lurus, maka otot triseps menjadi berkontraksi dengan berubah membesar ataupun memendek.

Sama seperti otot biseps, otot triseps juga masuk dalam kategori otot antagonis. Otot ini selalu berdampingan dengan otot biseps, dimana ketika otot biseps berelaksasi, otot triseps akan berkontraksi. Begitu pula sebaliknya. Contoh otot triseps adalah pada bagian telapak tangan hingga pangkal lengan.

Ciri-ciri Otot Triseps

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari otot triseps, yaitu:

  • Otot Triseps memiliki kepala caput berjumlah tiga kepala. Ketika kepala caput tersebut berada pada tiga tempat yang berbeda pula.
  • Otot triseps berada pada posisi bagian bawah dan muncul ketika lengan ditekuk.
  • Otot triseps juga memiliki aktivitas yang berkebalikan dengan otot biseps.
  • Ketika otot triseps menjadi berkontraksi maka otot biseps malah berelaksasi dan begitu pula sebaliknya.

BACA JUGA: SISTEM KLASIFIKASI KINGDOM DAN SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Cara Melatih Otot Triseps

Agar menjadi bagus dan kuat, otot triseps dapat diberi pelatihan gerakan yang beraneka ragam. Seperti contohnya adalah sebagai berikut:

Tricep Pushdown

Triceps Pushdown dapat dilakukan di tempat fitness. Kalian cukup menggunakan mesin kabel. Penggunanya hanya tinggal berdiri tegak di mesin tersebut, lalu pegang katrolnya. Katrol yang telah dipegang, langsung saja tarik dari atas menuju bawah secara perlahan sampai menyentuh bagian paha. Tetap pastikan kedua siku berada di samping badan ketika katrol digerakkan ke bawah.

Tricep Dips

Kemudian ada gerakan Tricep Dips. Alat yang digunakan untuk berlatih sangat sederhana yaitu hanya sebuah kursi. Cara melakukan gerakan tricep dips adalah dengan duduk pada sebuah kursi yang kokoh tadi. Letakkan kedua tangan pada kedua pinggang dan luruskan kaki. Tekuk siku hingga menjadi 90 derajat secara perlahan, sambil perlahan menurunkan tubuh ke lantai. Kemudian dorong tubuh keatas dengan mendorong lengan. Hal itu berfungsi untuk mengangkat tubuh ke posisi semula.

Tagged as: