Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Jenis, Tujuan, Struktur dan Penggunaan

Pengertian Teks Eksposisi Jenis Ciri Fungsi Tujuan Struktur Penggunaan Definisi

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri-ciri, Jenis, Tujuan, Struktur dan Penggunaan. Apa definisi teks eksposisi, bagaimana ciri-ciri, macam ragam, struktur, fungsi dan tujuan penggunaannya? Kata eksposisi adalah kata yang berasal dari kata serapan bahasa Inggris yaitu eksposition yang memiliki arti sebuah teks yang memberikan penjelasan. Lebih detailnya, eksposisi dapat dipahami sebagai jenis pengembangan paragraf dalam kegiatan penulisan. Paragraf yang dikembangkan ini memiliki isi yang ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian. Gaya tulisan yang digunakan juga singkat, padat dan akurat. Lalu, apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian singkat dari teks eksposisi adalah sebuah teks yang di dalamnya berisi paragraf atau karangan. Di dalam karangan tersebut juga terdapat sejumlah pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan dan tersaji secara singkat, padat, akurat dan mudah untuk dipahami pembaca. Teks eksposisi memiliki sifat yang real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks non fiksi.

Adapun juga banyak artikel lain yang telah menerangkan bahwa fiksi sudah menjadi pelengkap umum sebuah literasi yang digunakan sebagai media yang memperkenalkan informasi mengenai latar belakang tentang suatu kejadian kepada para penyimak. Teks eksposisi rupanya juga memegang peran sangat penting dalam sebuah cerita.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Kita akan dapat mengetahui apakah sebuah teks termasuk kedalam jenis teks eksposisi jika melihat ciri-cirinya. Berikut adalah ciri-ciri teks eksposisi:

  • Menjelaskan mengenai informasi dan pengetahuan pada suatu hal.
  • Gaya informasi yang disajikan bersifat mengajak dan terkadang mempengaruhi.
  • Penyampaian tulisannya menggunakan aturan bahasa baku dan disampaikan dengan lugas.
  • Memiliki sifat netral dan tidak memihak.
  • Fakta adalah hal utama yang digunakan sebagai alat kontribusi.

Fungsi dan Tujuan Teks Eksposisi

Dalam pembuatannya, teks eksposisi memiliki fungsi dan tujuan sebagai berikut:

  • Sebagai penjelas dan media pemaparan mengenai sejumlah informasi tertentu pada pembaca. Dengan tujuan pembaca akan mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan secara rinci dari suatu hal maupun kejadian melalui teks eksposisi yang dibaca.
  • Menjadi media untuk menginformasikan dan memaparkan sesuatu secara jelas. Informasi yang dituliskan bersifat informatif, ilmiah atau non fiksi dengan tujuan agar para pembaca memperoleh pengetahuan dari berbagai sudut setelah membaca teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam pembuatan teks eksposisi, ada struktur dan susunan yang harus diperhatikan, di antaranya adalah:

Pembukaan

Bagian awal dari teks eksposisi adalah pembukaan. Dapat juga disebut sebagai orientasi. Pembukaan adalah bagian yang di dalamnya berisi pandangan awal penulis. Baik itu tentang sebuah permasalahan, kejadian dan peristiwa dengan susunan yang sangat relevan.

Isi

Dapat juga disebut sebagai tesis. Isi adalah isi teks eksposisi. Di dalamnya berisi kumpulan pendapat orang lain mengenai suatu hal, dan orang tersebut dianggap lebih ahli. Jika kita ingin mengidentifikasi bagian struktur teks eksposisi yang satu ini terbilang cukup mudah. Kalian dapat menemukan tesis dengan melakukan identifikasi singkat dan memperhatikan pemilihan katanya.

Argumentasi

Bagian argumentasi adalah bagian yang memuat bukti-bukti relevan dan dapat mendukung tesis atau isi sebuah teks eksposisi. Umumnya bagian struktur argumentasi akan mengandung banyak fakta-fakta relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan. Dapat berupa tanggal, narasumber, latar, dan penggunaan angka-angka yang detail serta bersifat konkrit.

Penegasan Ulang

Bagian teks eksposisi penegasan ulang adalah bagian yang di dalamnya berisi kesimpulan. Meliputi pembukaan, tesis hingga argumentasi. Semua disampaikan penulis dengan bahasa yang berbeda dan cenderung lebih singkat di bandingkan isi.

BACA JUGA: PENGERTIAN FRASA, CIRI-CIRI, JENIS, KATEGORI DAN KELAS FRASA

Kaidah Bahasa dalam Teks Eksposisi

Berikut ini adalah kaidah penggunaan bahasa dalam teks eksposisi, yaitu:

Penggunaan Pronomina

Pronomina adalah salah satu jenis kata yang digunakan untuk menggantikan nomina atau frasa nomina.

Penggunaan konjungsi

Konjungsi adalah kaidah bahasa yang dapat digunakan di dalam teks eksposisi sebagai pengganti argumentasi.

Penggunaan leksikal

Teks leksikal yang digunakan adalah leksikal tertentu. Yaitu di dalamnya adalah menggunakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks Eksposisi dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis seperti: teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi berita, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi proses, teks eksposisi definisi, teks eksposisi pertentangan, teks eksposisi analisis, teks eksposisi klasifikasi. Berikut penjelasannya.

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks Eksposisi Ilustrasi adalah teks espsosisi yang menggunakan penggambaran yang sederhana atau bentuk konkret dari sebuah ide. Teks ini mengilustrasikan sesuatu yang memiliki kesamaan sifat. Teks eksposisi ilustrasi menggunakan frasa penghubung.

Teks Eksposisi Berita

Teks Eksposisi Berita adalah teks espsosisi yang layaknya sebuah berita yang memberikan informasi dari suatu kejadian. Teks ini sering dijumpai dalam berita ataupun surat kabar.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi Perbandingan adalah teks espsosisi yang berisi mengenai ide atau gagasan yang pada kalimat utama. Metode yang digunakan adalah metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi Proses adalah teks espsosisi berisi mengenai panduan atau tata cara dalam melakukan atau membuat sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi Definisi adalah teks espsosisi berisi informasi mengenai pengertian atau pengetahuan akan sesuatu. Teks eksposisi definisi berisi pengertian dari suatu obyek atau definisi suatu hal. Berisi penjelasan pengetahuan mengenai hal-hal yang bermanfaat. Dengan cara membatasi suatu objek yang digunakan menjadi bahan pembahasan dalam sebuah tulisan.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan adalah teks espsosisi berisi mengenai informasi pertentangan antara satu obyek dengan obyek lainnya. Umumnya eksposisi pertentangan menggunakan frasa penghubung. Contoh eksposisi jenis ini adalah: walaupun begitu, sebaliknya, akan tetapi.

Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi Analisis adalah teks espsosisi yang berisi proses-proses mengenai pemisahan masalah dari sebuah gagasan utama menjadi beberapa sub bagian. Kemudian melakukan pengembangan secara teratur dan berurutan.

Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks Eksposisi Klasifikasi adalah teks eksposisi yang berisi mengenai info-info sesuai dengan kelompok-kelompok tertentu. Tujuan dilakukannya pengelompokan tersebut yaitu supaya lebih mudah dalam menjelaskan informasi dari tiap kelompok, hingga menjadi lebih mudah dipahami, jelas serta dapat dengan mudah diambil informasi intinya oleh pembaca.

BACA JUGA: PENGERTIAN CERITA FIKSI, CIRI-CIRI, JENIS DAN UNSUR CERITA FIKSI

Cara Menyusun Dan Meringkas Teks Eksposisi

Jika kita membaca sebuah teks eksposisi, kita akan memahami bahwa konsep paragraf eksposisi adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Lalu bagaimana jika kita sendiri mendapatkan amanat berupa tugas membuat teks eksposisi? Atau mungkin kita ditugasi untuk membaca sebuah teks eksposisi kemudian meringkasnya. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini adalah cara-cara untuk menyusun teks eksposisi dan juga meringkas sebuah teks eksposisi.

Menyusun Teks Eksposisi

Pada paragraf eksposisi, kita akan menemukan uraian atau penjelasan sebuah topik. Ini bertujuan supaya informasi dan pengetahuan dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca. Langkah-langkah penyusunan teks eksposisi adalah seperti dibawah ini:

  1. Menentukan topik yang akan dituliskan dan dijabarkan dalam tulisan.
  2. Menentukan tujuan dari pembuatan teks eksposisi.
  3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berkaitan dan dibutuhkan.
  4. Membuat kerangka karangan dengan berpedoman sesuai topik yang akan disajikan.
  5. Mengembangkan kerangka karangan yang didapat menjadi paragraf eksposisi yang utuh.

Meringkas Teks Eksposisi

Jika kita ingin mudah dalam memahami teks eksposisi, kalian dapat membuat ringkasan mengenai teks eksposisi tersebut. Caranya adalah membacanya secara seksama mulai dari awal hingga akhir. Kemudian catatlah pokok-pokok inti dari setiap paragraf yang telah dibaca. Setelah itu kelompokkan dan rangkai menjadi satu rangkaian paragraf yang lengkap dengan menggunakan kalimat kalian sendiri. Tetap gunakan kalimat efektif agar lebih mudah dipahami di pembacaan di kemudian hari.

Tagged as: