Pengertian Seni Budaya Adalah, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Seni Budaya Definisi Fungsi Jenis Contoh

Pengertian Seni Budaya Adalah, Fungsi dan Contohnya. Penjelasan definisi seni budaya, mencakup fungsi dan contoh, serta arti seni dan makna budaya menurut para ahli, sehingga jelas perbedaan dan keterkaitannya. Apakah kalian adalah penggemar karya seni? Lalu apakah kalian tahu apa itu seni dan seni budaya? Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Agar lebih mudah memahami apa itu seni budaya, maka ada baiknya jika kalian pahami dulu definisi seni dan pengertian budaya baik secara umum maupun pengertiannya menurut para ahli. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Seni

Sebenarnya jika kita menjabarkan secara umum, seni sendiri dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dibuat dari tangan manusia dan memiliki unsur keindahan yang dapat menjadi pembangkit perasaan manusia lainnya.

Jika ditilik kembali, istilah seni sendiri berasal dari kata bahasa sansekerta yaitu sani yang berarti adalah sebuah persembahan, pemujaan ataupun pelayanan yang memiliki hubungan erat pada satu upacara keagamaan yang umumnya disebut sebagai kesenian.

Sedangkan jika kita pahami lebih dalam, beberapa ahli juga sudah menjelaskan mengenai apa itu seni dan bagaimana dapat dibilang sebagai seni. Seperti berikut ini :

Menurut Aristoteles

Seni adalah bentuk yang penampilannya serta pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan. Selain itu dikatakan juga seni adalah meniru alam.

Menurut Ki Hajar Dewantara

Seni merupakan hasil keindahan sehingga bisa menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya. Oleh sebab itu, perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi serta menimbulkan perasaan indah adalah seni.

Menurut Sudarmiji

Seni adalah segala manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, tekstur, warna, volume dan juga gelap terang.

Menurut Hillary Bel

Seni merupakan istilah yang dipakai untuk semua karya yang bisa menggugah hati siapa saja yang melihatnya dan juga untuk mencari tahu siapa penciptanya.

Pengertian Budaya

Jika kita membahas seni budaya tentunya perlu juga membahas mengenai kata budaya itu sendiri. Dimana kata budaya ini adalah merupakan penjabaran mengenai cara hidup yang ada dan berkembang pada suatu masyarakat dan kelompok orang yang dibawa secara turun temurun bahkan hingga ke cucu dan cicit dari sekumpulan kelompok manusia lintas generasi. Budaya sendiri terbentuk melalui banyak hal dan juga dipengaruhi berbagai aspek yang juga tidak jauh dari keseharian masyarakat.

Jika ditilik dari asal bahasanya, budaya sendiri diambil dari kata bahasa sansekerta yaitu buddhayah yang memiliki arti hal-hal atau komponen yang berkaitan degan akan budi dari manusia di bumi. Kata ini juga merupakan salah satu bentuk jamak dari kata buddhi yang memiliki arti akal ataupun budi.

Menurut berbagai ahli, budaya sendiri memiliki berbagai macam pemahaman. Berikut adalah diantaranya:

Menurut Andreas Eppink

Kebudayaan mengandung suatu bentuk dari keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan dan keseluruhan struktur-struktur religius, sosial, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, pengertian lainnya adalah segala pernyataan artistik dan intelektual menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut C. Kliucckhohn

Budaya adalah sistem peralatan dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem religi serta upacara keagamaan.

Menurut Edward Burnett Tylor

Budaya adalah keseluruhan dari yang kompleks yang di dalamnya terkandung sebuah kepercayaan, kesenian, moral, pengetahuan, adat istiadat, hukum dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Pengertian Seni Budaya

Jika sebelumnya kita mengutamakan bagaimana seni dan budaya diartikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sendi budaya adalah semua hal yang berkaitan dengan komponen-komponen yang diciptakan oleh manusia, dan memiliki nilai estetika tertentu untuk dapat dinikmati dan digunakan serta mempengaruhi kehiduan sehari-hari masyarakat di sebuah anggota kelompok maupun generasi tertentu.

Menurut Harry Sulastianto

Seni budaya adalah suatu keahlian mengeluarkan ide-ide serta pemikiran indah, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan akan suasana, benda atau karya yang bisa menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju.

Menurut Ida Bagus Putu Perwita

Seni budaya adalah penunjang sarana sebuah upacara adat.

Menurut M. Thoyibi

Seni budaya adalah perwujudan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan, sudah bisa dirasakan oleh orang banyak dalam kurun waktu perjalanan sejarah peradaban manusia.

Fungsi Seni Budaya

Nah, jika setelah mengetahui pengertian seni budaya seperti yang disebutkan tadi, maka kita juga dapat mengetahui bahwa fungsi dari seni budaya itu sendiri merupakan poin penting yang juga dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari kita. Dimana nantinya orang-orang yang memiliki ataupun menikmatinya juga mendapatkan nilai lebih dan manfaat. Keindahan dan juga manfaat ini dapat kita sebut sebagai fungsi estetis dan juga fungsi praktis. Keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut :

Fungsi Praktis

Seni budaya yang memiliki fungsi praktis umumnya memiliki kaitan dengan bagaimana fungsinya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Sebagai contoh misalnya kalian melihat ada ukiran pintu kayu yang indah, atau mungkin bentuk indah dari kursi-kursi kayu. Ini adalah dungsi praktis yang bukan hanya indah untuk dipandang, namun juga dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Fungsi Estetis

Sedangkan jika melihatnya dari fungsi estetis, maka kita mungkin biasa menggunakannya untuk hiasan dinding, lukisan dan tentunya benda-benda atau hal-hal yang hanya digunakan untuk dinikmati keindahannya saja.

Sebagai informasi tambahan, bahwa sebenarnya seni budaya juga dimanfaatkan sebagai tambahan pada ritual keagamaan dan ritual-ritual adat pada umumnya.

Contoh Seni Budaya

Kalian sudah mengetahui definisi dan fungsi dari seni budaya. Dan berikut ini adalah beberapa contoh dari seni budaya itu sendiri, antara lain:

Seni Tari

Ini adalah salah satu contoh seni budaya yang dapat kita lihat dan kita nikmati secara beramai-ramai. Hingga saat ini, masyarakat juga masih menggunakannya untuk keperluan hiburan maupun upacara adat. Seni tari adalah salah satu seni yang didalam penerapannya memerlukan gerakan-gerakan tubuh dengan maksud tertentu.

Makna yang terkandung didalamnya juga bermacam-macam mulai dari kebutuhan untuk dakwah, sambutan kepada para tamu dan lain sebagainya. Untuk saat ini, kita juga semakin sering melihat adanya tari modern yang dipertunjukkan.

Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu contoh seni yang dalam penerapannya menghasilkan sebuah benda yang dapat dilihat bentuk fisik maupun konsistensi volumenya. Karya dari seni rupa selalu mengutamakan estetika.

Ada dua cabang seni rupa, yaitu murni dan juga terapan, dimana masing-masing memiliki kegunaan dan wujudnya masing-masing. Jika terapan, pemilik dari karya seni ini dapat memanfaatkannya sebagai benda-benda yang dapat membantu pekerjaan sehari-hari, sedangkan jika seni rupa murni, pemiliknya hanya dapat menikmati tanpa perlu melihat sisi praktisnya.

Seni Musik

Salah satu seni yang menggunakan media indera pendengaran sebagai perantaranya ini sudah lama melekat pada kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Baik dari lapisan golongan menengah maupun golongan teratas. Penggunaan melodi, irama, tempo dan juga instrumen lainnya adalah komponen penting untuk membentuk sebuah harmoni yang dapat dinikmati oleh orang yang mendengarkan. Umumnya seni musik mewakili apa saja yang menjadi perasaan penciptanya, dan dapat dirubah sesuai degan situasi.

Seni Teater

Jika kita mengambil kesimpulan contoh jenis ini dari namanya, maka seni teater dapat diartikan adalah sebuah seni yang dalam penyampaiannya melalui gerak manusia. Namun berbeda dengan seni tari, karena teater dilengkapi langsung dengan dialog dan alur cerita yang lengkap sesuai dengan tema dan makna yang ingin disampaikan.

Seni Kriya

Seni jenis ini juga dapat disebut sebagai salah satu seni yang memang dibuat langsung melalui tangan manusia, dan memperhatikan berbagai aspek artistik maupun fungsionalitasnya. Semakin berkembangnya zaman, kita sendiri juga sering menyebut seni ini sebagai seni kerajinan.