Pengertian Past Continuous Tense, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat

Pengertian Past Continous Tense Rumus Fungsi Contoh Kalimat Past Progressive

Pengertian Past Continuous Tense, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat. Penjelasan mengenai past progressive, rumus, contoh penggunaan dalam kalimat bahasa inggris. Bagi kalian yang saat ini sedang mencari artikel yang membahas lengkap tentang tenses? Sepertinya kalian memang berada pada artikel yang tepat, di website ILMUPELAJARAN.COM. Karena kita disini akan menjelaskan tenses yang ada satu persatu. Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas materi tentang penggunaan to be dan present continuous tense, maka untuk artikel kali ini, kita akan akan membahas materi mengenai past continuous tense, agar kalian tahu perbedaannya dan kapan tenses ini digunakan. Past continuous tense sendiri sebenarnya bisa dibilang adalah kebalikan dari present continuous tense. Past continuous tense sendiri adalah satu dari keluarga besar 16 tenses yang ada dalam bahasa inggris. Sama seperti tenses lain, kita juga diharuskan untuk mengingat dan mempelajarinya. Karena dalam penyusunan sebuah paragraf atau kalimat yang akan kita ucapkan maupun tuliskan pastinya juga akan sering menggunakan tenses jenis past continuous.

Pengertian Past Continuous Tense

Jika merujuk ke arti dari katanya sendiri yaitu ‘Past’ yang berarti lampau dan ‘Continuous’ yang artinya masih berlangsung maka kita akan dapat menyimpulkan bahwa Past Continuous Tense adalah merupakan salah satu bentuk tenses yang menunjukan suatu tindakan yang berlangsung pada masa lampau dimana sebelum pembicaraan dilakukan.

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwasannya Past Continuous Tense atau dikenal juga dengan Past Progressive Tense adalah salah satu tense yang berfungsi untuk menunjukkan aktifitas yang sedang berlangsung di masa lalu. Dapat kita ibaratkan bahwa posisi dan situasu pembicara atau subjek sedang membicarakan hal tersebut menggambarkan sesuatu mengenai apa yang ia sedang lakukan di masa lalu yang tentunya sudah jelas waktu dimulai dan kapan waktu selesainya. Ini sekilas seperti sedang mengingat-ingat.

Tenses jenis ini juga memang hampir sama bentuknya dengan Present Continuous Tense. Lalu apa yang menjadi perbedaannya? Jika kita lihat lebih dalam, sebenarnya perbedaannya terletak jelas pada konteks waktu-nya. Kedua tenses ini seakan memiliki dua sisi yang bertolak belakang satu sama lain, dimana jika Past adalah masa lampau/masa lalu sedangkan jika present konteks waktunya ada di masa kini atau sekarang.

BACA JUGA: MATH VOCABULARY, ISTILAH MATEMATIKA DALAM BAHASA INGGRIS.

Rumus Past Continuous Tense

Masih menggunakan pola kalimat dengan berdasar pada rumus, kita bisa melihat rumus Past Continuous Tense ini terdiri dari dua unsur yakni unsur Past dan Continuous. Walaupun menceritakan kejadian masa lalu, namun pada tenses ini masih menggunakan Verb ing.

To be yang digunakan pada past continuous ada dua yaitu was atau were. Semua tenses continuous akan selalu diiringi dengan Verb ing, maka dari itu, untuk tenses past continuous kita juga akan tetap menggunakan verb ing karena sifatnya yang masih berlangsung. Berikut adalah rumus dari Past Continuous Tense:

S + was / were + V-ing

Fungsi Past Continuous Tense

Berikut ini adalah fungsi dari past continuous tense, yaitu:

1. Sebagai penjelas dan berguna untuk menunjukkan ada aktivitas yang terjadi (simple past tense) bersamaan dengan aktivitas yang lebih panjang durasinya sedang terjadi.

Contoh: My sister was laughing when someone give her dolls
Terjemahan: Saudara perempuanku tertawa ketika seseorang memberinya boneka

2. Sebagai penjelas dan berguna untuk menyatakan suatu aktivitas yang terjadi di masa lalu.

Contoh: I was crying when she left me alone yesterday
Terjemahan: Aku menangis saat dia meninggalkanku sendirian kemarin

3. Sebagai penjelas dan berguna untuk menyatakan kebiasaan dari seseorang yang diulangi beberapa kali.

Contoh: You was always anoying her no matter what
Terjemahan: Kau selalu mengganggu dia tak peduli apapun

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Misalkan kita akan menjelaskan mengenai sesuatu yang terjadi kemarin atau beberapa hari yang lalu, kita dapat mencontohkannya seperti:

My Sister was sleeping when our parents arrived at 23.00.
Terjemahan: Adik perempuanku sedang tidur ketika orang tua kami tiba pada pukul 23.00.

Kalimat di atas dapat dijelaskan secara rinci mengenai kapan dan bagaimana kalimat tersebut bisa disebut sebagai kalimat past continuous. Ini dikarenakan pada kalimat tersebut menjelaskan bahwa adik perempuanku telah tidur bahkan sebelum jam 23.00 dimana ini terjadi sebelum kata keterangan selanjutnya. Dan dia juga masih tetap tidur ketika orang tuanya tiba pada pukul 23.00 dimana pada saat ini adalah kegiatan utama yang sedang dibicarakan. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa setelah jam 23.00 adik perempuanku juga masih tidur, dimana kondisi ini adalah kondisi setelah topik utama ‘orang tua pulang’ dibahas.

Atau sebagai contoh lain kita juga bisa menggunakan:

His wife was not cooking breakfast when he wake up.
Terjemahan: Istrinya tidak memasak ketika dia bangun tidur.

Kalimat di atas dapat dijelaskan secara rinci mengenai kapan dan bagaimana kalimat tersebut dapat disebut sebagai kalimat past continuous. Yang pertama adalah pada kalimat itu menjelaskan bahwa istrinya tidak memasak, yang mana bisa terjadi sebelum dia tidur juga istrinya memang sama sekali tidak memasak dan pada bagian ini dapat merupakan pembuka dari keterangan selanjutnya. Dan ketika dia sudah terbangunpun istrinya juga belum atau tidak memasak sama sekali, dimana pada saat ini adalah kegiatan atau kondisi utama yang dibicarakan. Ini juga dapat memperluas kemungkinan bahwa bahkan beberapa saat setelah dia bangun pun istrinya juga belum memasak.

Semua rangkaian kejadian tersebut terjadi pada suatu waktu di masa lampau dan tentunya tidak menutup kemungkinan dapat berhenti beberapa waktu setelah topik utama dibicarakan, dan ini juga dapat berarti bahwa kegiatan yang sedang dibicarakan saat ini sudah tidak terjadi lagi.

BACA JUGA: MENGENAL PROFESI DAN PEKERJAAN DALAM BAHASA INGGRIS (JOBS AND PROFESSIONS)

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penggunaan past continuous tense.

My brother was listening to Linkin Parks’ songs when he jogging
Terjemahan: Kakak laki-lakiku mendengarkan lagu linkin park ketika dia jogging

Hanif was eating noodle when his friends came
Terjemahan: Hanif sedang makan mie ketika teman-temannya datang

I was crying when my mom came last night
Terjemahan: Aku menangis saat ibuku datang malam kemarin

My sister was listening to the music when you knocked at my door
Terjemahan: Adik perempuanku sedang mendengarkan musik ketika kau mengetuk pintuku

That old man was smoking when he carried the baby
Terjemahan: Pria tua itu sedang merokok ketika dia menggendong bayi

My friends were playing football when the sun goes down
Terjemahan: Teman-temanku sedang bermain bola ketika matahari terbenam

My brother was going to the party when my parents didn’t home
Terjemahan: Kakak laki-lakiku pergi ke pesta ketika orang tuaku sedang tidak ada di rumah

The piano was not playing when the singer starts singing
Terjemahan: Pianonya tidak dimainkan ketika penyanyi mulai bernyanyi

The student was listening to the explanation while the lecturer gave his explanation
Terjemahan: Siswa sedang mendengarkan penjelasan ketika dosen menjelaskan paparannya

They were seeing the accident of boats on the river yesterday
Terjemahan: Mereka melihat kecelakaan kapal di sungai kemarin

Belajar bahasa inggris memang sangat menarik. Setelah kalian mempelajari penggunaan past continuous tense di website ILMUPELAJARN.COM ini, mungkin kalian juga ingin mendalami materi lainnya misalnya saja jenis-jenis teks (types of texts) , pengertian preposition (kata tunjuk), pengertian adjective (kata sifat), pengertian adverb (kata keterangan) lengkap dengan jenis dan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa inggris yang benar dan mudah dipahami.

Tagged as: