Penggunaan To Be (am, is, are, was, were) Contoh & Rumus dalam Bahasa Inggris

Contoh Penggunaan To Be Am Is Are Was Were Rumus dalam Bahasa Inggris

Penggunaan To Be (am, is, are, was, were) Contoh & Rumus dalam Bahasa Inggris. Penjelasan to be dalam struktur bahasa inggris, bagaimana contoh dan rumus are, am, is, was, were dalam kalimat yang benar. Materi mengenai penggunaan to be adalah salah satu hal yang penting dalam khasanah ataupun mata pelajaran bahasa inggris. Dan materi ini akan melengkapi pelajaran sebelumnya mengenai preposition (kata tunjuk), adjective (kata sifat) dan adverb (kata keterangan) yang sebelumnya telah kita bahas di website ILMUPELAJARAN.COM ini.

Dalam bahasa Inggris kita akan sering menemui To Be, dimana komponen bahasa Inggris satu ini memang berperan sebagai penghubung antara subjek dengan predikat. Dalam bahasa Inggris, to be juga memiliki berbagai macam jenis yang diantaranya seperti: Am, Is, Are, dan to be turunan yaitu Was, dan Were.

Walaupun perannya sebagai penghubung subjek dan predikat, namun bukan berarti kalian bisa asal menghubungkan keduanya saja ya. Ada yang perlu diketahui terlebih dahulu tentang to be misalnya seperti apa yang harus digunakan ketika kita ingin menyesuaikan dengan subjek suatu kalimat. Sebagai contoh kita bisa lihat dibawah ini:

Jenis-jenis To Be

Baiklah, mari kita bahas satu per satu jenis-jenis to be mulai dari am, is, are, was, dan were. Kalian bisa mencatatnya di buku tulis atau bisa juga langsung menyimpan halaman materi to be ini di laptop kalian. Atau kalian bisa juga langsung mem-bookmark postingan dari ILMUPELAJARAN.COM ini dengan cara menekan CTRL+D.

Am

Penerapan “am” dalam penggunaan To Be di bahasa Inggris, adalah satu satunya yang hanya bisa digunakan untuk subjek dan mengacu pada orang pertama dalam artian tunggal yang mana hanya ada satu saja dan itu adalah I atau Saya dalam bahasa Indonesia.

Is

Penggunaan “is” dalam bahasa Inggris umumnya akan digunakan jika subjek yang ada adalah orang ketiga dan juga tunggal. Ini mengingatkan kita kembali pada setiap kalimat biasanya ada sudut pandang dalam setiap bahasa dimana sudut pandang orang sendiri sebenarnya ada berbagai macam jenis. Pada penerapannya di bahasa Inggris, penggunaan Is pada kalimat hanya dapat terpakai untuk orang ketiga yang tunggal seperti misalnya He (Dia laki-laki), She (Dia Perempuan), dan It (Kata Benda).

Are

Penggunaan “are” dalam penggunaan bahasa Inggris umumnya akan bisa digunakan untuk dua macam sudut pandang. Dua sudut pandang ini di antaranya adalah subjek pada sudut pandang orang kedua dan juga subjek yang berbentuk jamak. Penggunaannya pada sudut pandang orang kedua, kita akan biasa mengenal subjek sebagai kata You atau dalam bahasa Indonesia adalah Kamu. Sedangkan jika diterapkan untuk sudut pandang berbentuk jamak, kita biasa mengenal subjek yang digunakan adalah kata We (Kita) dan They (Mereka).

Verba To Be ini juga tak terbatas pada waktunya lho. Karena ini dapat digunakan untuk menyesuaikan pada waktu terjadinya peristiwa baik itu present, past maupun future. Juga dapat digunakan pada aspek dari kata kerja seperti simple, perfect dan continuous.

Maka dari itu, tiga contoh To Be di atas rupanya masih bisa di jabarkan lagi menjadi dua turunan, yaitu:

Was

“Was” adalah salah satu dari bentuk past tense dari To Be Is dan juga Am yang mana penjelasan dan penggunaannya dalam kalimat masih sama. Yakni penggunaan Was ini dalam bahasa Inggris umumnya akan digunakan pada empat subjek yang berbeda seperti misalnya He, She, It, dan juga I.

Were

“Were” merupakan salah satu bentuk past tense dari To Be Are yang mana penjelasannya dan juga masih digunakan seperti penjelasan diatas. Dimana dalam bahasa Inggris, Were dapat digunakan pada empat subjek yang berbeda-beda seperti misalnya I, You, They, dan juga We.

Penggunaan To Be Sebagai Kata Penghubung Subjek – Noun

Jika kita ingin menggunakan verba To Be dalam bahasa Inggris yang penerapannya bertindak sebagai kata penghubung di antara subjek dengan kata benda, maka kita dapat menggunakan susunan kalimat yang berbentul formula sebagai berikut ini:

S + To Be + noun

Pengembangan dari formula tersebut, sebenarnya kita sudah dapat membuat beberapa contoh kalimat yang terstruktur dengan bahasa Inggris.

Am

I am a teacher
Terjemahan: Saya adalah seorang guru

I am a leader
Terjemahan: Saya adalah seorang pemimpin

Is

She is an enterpreneur
Terjemahan: dia (perempuan) adalah seorang pengusaha

He is a tennis player
Terjemahan: dia (laki-laki) adalah seorang pemain tenis

It is a bird
Terjemahan: ini adalah seekor burung

Are

They are police
Terjemahan: mereka adalah polisi

We are human
Terjemahan: kita adalah manusia

You are a father
Terjemahan: Kamu adalah seorang ayah

Penggunaan To Be Sebagai Kata Penghubung Subjek – Adjective

Jika kita ingin menggunakan verba To Be dalam bahasa Inggris yang penerapannya bertindak sebagai kata penghubung di antara subjek dengan kata sifat, maka kita dapat menggunakan susunan kalimat yang berbentul formula sebagai berikut ini:

S + To Be + Adj

Pengembangan dari formula tersebut, sebenarnya kita sudah dapat membuat beberapa contoh kalimat yang terstruktur dengan bahasa Inggris.

Am

I am happy
Terjemahan: Saya senang

I am sad
Terjemahan: Saya sedih

I am scary
Terjemahan: Saya takut

Is

He is smart
Terjemahan: Dia (laki-laki) pintar

She is kind
Terjemahan: Dia (perempuan) baik hati

The song is beautiful
Terjemahan: Bunga itu indah

Are

They are diligent
Terjemahan: Mereka rajin

You are brave
Terjemahan: Kamu berani

We are human
Terjemahan: Kami manusia

Penggunaan To Be Sebagai Kata Penghubung Subjek – Adverb

Jika kita ingin menggunakan verba To Be dalam bahasa Inggris yang penerapannya bertindak sebagai kata penghubung di antara subjek dengan kata keterangan, maka kita dapat menggunakan susunan kalimat yang berbentul formula sebagai berikut ini:

S + To Be + Keterangan waktu atau tempat

Pengembangan dari formula tersebut, sebenarnya kita sudah dapat membuat beberapa contoh kalimat yang terstruktur dengan bahasa Inggris.

Am

I am at a store
Terjemahan: Saya sedang di sebuah toko

I am in the class
Terjemahan: Saya di dalam kelas

I am in the cafetaria
Terjemahan: Saya di dalam kafetaria

Is

She is at the garden
Terjemahan: Dia (perempuan) berada di halaman

She is at the office
Terjemahan: Dia (perempuan) berada di kantor

Are

We are at a cafe
Terjemahan: Kami berada di sebuah cafe

They are at school
Terjemahan: mereka di sekolah

Penggunaan To Be Sebagai Kata Penghubung Subjek – Verb (ing)

Jika kita ingin menggunakan verba To Be dalam bahasa Inggris yang penerapannya bertindak sebagai kata penghubung di antara subjek dengan kata kerja yang menyatakan sedang dilakukan, maka kita dapat menggunakan susunan kalimat yang berbentul formula sebagai berikut ini:

S + To Be + V(ing)

Pengembangan dari formula tersebut, sebenarnya kita sudah dapat membuat beberapa contoh kalimat yang terstruktur dengan bahasa Inggris.

Am

I am eating alone
Terjemahan: Saya sedang makan sendirian

I am eating ramen
Terjemahan: Saya makan ramen

Is

He is watching television
Terjemahan: Dia (laki-laki) sedang menonton televisi

My Rabbit is eating a carrot
Terjemahan: Kelinci saya sedang makan wortel

Are

You are reading a book
Terjemahan: Kamu sedang membaca buku

They are singing a beautifull song
Terjemahan: Mereka menyanyikan lagu yang indah

Selesai sudah pembahasan materi to be terkait contoh dan rumus penggunaannya dalam kalimat bahasa inggris. Tentu kalian sekarang sudah paham kan? Baiklah, mungkin kalian juga ingin membaca-baca materi pelajaran lainnya seperti types of texts (jenis-jenis teks), belajar mengenal kosakata profesi dan pekerjaan (vocabulary about job and profession) dan juga istilah matematika dalam bahasa inggris (math vocabulary).