Kompetisi, Predasi & Simbiosis: Pengertian, Perbedaan dan Contoh

Pengertian Kompetisi Predasi Simbiosis Perbedaan Contoh

Kompetisi, Predasi & Simbiosis: Pengertian, Perbedaan dan Contoh. Penjelasan definisi, perbandingan serta contoh dari kompetisi, predasi dan simbiosis. Ada banyak sekali spesies makhluk hidup yang ada di dunia ini. Beberapa di antaranya bahkan dapat hidup saling berdampingan di dalam sebuah komunitas tertentu. Selama mereka memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain dalam satu lingkaran ekosistem. Kehidupan saling berdampingan seperti itu akan dapat terpenuhi apabila kebutuhan hidup terhadap sumber makanan yang sama tersedia dalam jumlah yang berlebihan. Namun jika sumber-sumber kebutuhan hidup tersebut dalam keadaan terbatas, maka tidak menutup kemungkinan bahwa hubungan antarspesies akan berubah menjadi kearah bentuk persaingan ataupun kompetisi di dalam ekologi komunitas. Kompetisi dengan predasi berbeda. Namun ada kalanya antar spesies juga saling membutuhkan satu sama lain. Lalu apa sebenarnya perbedaan dari kompetisi, predasi dan simbiosis? Mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Kompetisi

Ini merupakan siklus kegiatan antar makhluk hidup. Kompetisi ialah bentuk dari interaksi antara dua makhluk hidup atau lebih yang dapat mengakibatkan makhluk-makhluk hidup tersebut mengalami kerugian baik dalam hal kebutuhan hidup dan lain sebagainya.

Yang paling diperebutkan adalah kebutuhan hidup. Makhluk hidup akan saling berebut kebutuhan hidup apabila sumber daya yang dibutuhkan menipis dan tidak mencukupi. Dalam hal ini yang paling sering diperebutkan adalah tempat berlindung, sarang, sumber makanan dan juga pasangan untuk kawin.

Jika pada sebuah relung ekologi mengalami perbedaan tumpang tindih yang besar, maka kompetisi yang muncul akan semakin sering untuk terjadi. Bentuk kompetisi yang muncul dan menimbulkan masalah dapat berupa kompetisi intraspesifik maupun interspesifik.

Kompetisi intraspesifik adalah kompetisi yang terjadi di antara anggota spesies yang sama. Sedangkan kompetisi interspesifik adalah kompetisi yang terjadi di antara anggota yang berbeda spesies.

BACA JUGA: OTOT BISEPS DAN TRISEPS

Kita ambil contoh misalkan tikus dan burung pipit. Mereka memiliki kesamaan dalam hal makanan dan sama-sama memakan padi. Maka dari itu, ada kompetisi interspesifik yang terjadi di antara burung pipit dengan tikus. Tidak menutup kemungkinan bahwa antar sesama tikus atau sesama burung pipit akan terjadi kompetisi juga yang termasuk dalam kompetisi intraspesifik.

Semua kemunculan persaingan tersebut dapat terjadi apabila persediaan padi pada lahan yang mereka gunakan untuk mencari sumber makanan tersebut mulai berkurang. Persaingan ini secara tidak langsung akan menjadi pengatur jumlah populasi spesies yang bersaing tersebut.

Pengertian Predasi

Dalam siklus interaksi antar makhluk hidup akan selalu terdapat hubungan satu spesies memakan spesies yang lain.  Dengan kata lain, predasi adalah bentuk interaksi antar-spesies di mana satu spesies memakan spesies lainnya. Dalam aktivitas ini, yang berperan memakan konsumer disebut predator, sedangkan pihak spesies yang dijadikan makanan dikenal sebagai mangsa. Predator berasal dari kata bahasa latin yaitu praeda yang memiliki arti sebagai pemangsa. Pemangsa adalah semua makhluk hidup yang hidup dengan memperoleh sumber-sumber yang diperlukan untuk makan dengan memakan makhluk hidup lain.

Jika yang dimangsa adalah makhluk hidup yang berperan sebagai produser, maka bentuk interaksi makan memakan tersebut disebut herbivori. Hewan yang berperan untuk memakan produser disebut sebagai herbivor, yaitu kegiatan hewan memakan tumbuh-tumbuhan.

Kegiatan yang saling berhubungan seperti harimau memakan kijang. Lalu ular memakan kelinci, tikus, dan katak. Sedangkan capung memakan serangga-serangga yang lain. Dalam siklus hubungan tersebut, maka harimau, ular, dan capung yang memakan hewan lain dapat disebut sebagai predator.

BACA JUGA: SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Pengertian Simbiosis

Simbiosis dapat diartikan sebagai sebuah hubungan yang dekat dan saling berkesinambungan di antara dua spesies makhluk hidup yang berbeda. Simbiosis juga dapat disebut dengan kegiatan hidup bersama. Interaksi antar makhluk hidup yang simbiotik terbagi dalam bentuk kerjasama mutualisme, parasitisme, komensalisme dan protokooperasi.

Pengertian Mutualisme

Mutualisme adalah salah satu jenis simbiosis yang berbentuk interaksi saling menguntungkan. Berasal dari asal kata bahasa Latin yaitu mutuus yang dapat diartikan sebagai penukaran. Kegiatan yang terjadi antar spesies ini merupakan bentuk interaksi yang menyebabkan kedua spesies sama-sama akan mendapat keuntungan dari satu sama lain. Simbiosis mutualisme berbeda dengan proto-kooperasi. Interaksi mutualistik yang terjadi ini sangat penting perannya bagi kelangsungan hidup dan perkembangbiakan kedua spesies yang saling terlibat satu sama lain. Interaksi mutualistik antar makhluk hidup juga kadang disebut sebagai simbiosis obligat.

Sebagai contoh dari penerapannya adalah pada aktivitas polinasi atau proses penyerbukan bunga. Beberapa bunga memiliki proses penyerbukan yang baru dapat berlangsung jika mendapat bantuan oleh beberapa serangga khusus, burung, maupun beberapa spesies kelelawar.

Pengertian Parasitisme

Parasitisme adalah slah satu jenis simbiosis yang didalamnya terjadi interaksi yang dapat menguntungkan salah satu pihak saja. Sayangnya walaupun menguntungkan salah satu pihak, namun pihak lainnya akan menderita kerugian. Simbiosis ini sangat sering ditemui pada parasit yang menggantungkan hidupnya untuk memperoleh makanan atau sumber-sumber yang diperlukan dari tubuh makhluk hidup lain. Makhluk lain yang digantungi ini disebut sebagai inang atau hospes.

Parasit dapat saja hidup dimana saja bahkan pada permukaan kulit atau di dalam tubuh makhluk hidup yang masih hidup lainnya. Simbiosis seperti ini bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa terkadang dimasukkan dalam bentuk aktivitas predasi. Namun berbeda dengan predasi yang langsung membuat korbannya mati, parasitisme biasanya membuat inangnya masih dapat melangsungkan kehidupannya walaupun menderita.

Contoh penerapan interaksi parasitisme adalah ketergantungan kehidupan benalu pada sebatang pohon. Atau cacing pita pada usus manusia atau hewan lain. Inang para parasit ini selalu menggunakan inangnya sebagai sumber nutrisi dan bukan hanya berhenti disitu, mereka juga dapat menggunakan inangnya untuk perlindungan dari predator yang akan memangsanya.

BACA JUGA: PENGERTIAN GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK

Pengertian Komensalisme

Komensalisme adalah kegiatan saling berinteraksi antar makhluk hidup yang menyebabkan satu pihak mendapatkan keuntungan, sedangkan pihak yang lain tidak terpengaruh. Lain dengan parasitisme, komensalisme tidak membuat keuntungan maupun kerugian pada pihak yang ditumpangi.

Contoh interaksi simbiosis komensalisme yang paling umum dikenal adalah kehidupan ikan remora kecil-kecil dengan hiu. Ikan remora akan melekatkan dirinya pada sisi bawah ikan hiu. Posisi ini akan memungkinkan ikan remora mendapat sisa-sisa makanan yang dihasilkan dari makanan hiu. Ini membuat ikan remora tidak membuang banyak energi untuk bergerak. Karena ikan kecil tersebut hanya perlu melekat pada hiu dan bergerak kemanapun bersama hiu. Walaupun begitu, hiu tidak merasakan kerugian dengan adanya ikan remora yang menumpang padanya.

Pengertian Amensalisme

Amensalisme adalah sebuah hubungan simbiosis, di mana satu pihak akan dirugikan namun pihak lain tidak terpengaruh, tidak dirugikan, tidak pula diuntungkan.

Contoh hubungan simbiosis amensalisme yang terjadi di sekitar kita adalah pohon walnut dengan tanaman di Sekitarnya. Pohon walnut kita ketahui memiliki senyawa alelopati, yang dapat merusak, menghambat pertumbuhan atau pun perkembangan tanaman yang berada di sekitarnya. Sehingga, tumbuhan yang berada di sekitar pohon walnut akan merasa dirugikan. Namun hal ini tidak memberikan pengaruh kepada pohon walnut itu sendiri. Pohon walnut tidak diuntungkan, namun juga tidak dirugikan atas peristiwa tersebut.

Pengertian Protokooperasi

Protokooperasi adalah kegiatan interaksi yang dapat menghasilkan keuntungan secara bersama-sama. Ini berbeda dengan mutualisme karena kedua pihak makhluk hidup yang terlibat satu sama lain akan selalu saling bergantung.

Contoh paling umumnya adalah protokooperasi yang terjadi antara jamur dan ganggang dalam bentuk lumut kerak. Jamur akan otomatis memperoleh makanan yang dihasilkan oleh ganggang. Sedangkan ganggang dapat memperoleh habitat, air, dan mineral yang diabsorpsi secara cuma-cuma oleh jamur.

BACA JUGA: SISTEM KLASIFIKASI 7 KINGDOM DAN JUGA SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (ATURAN & TINGKATAN PENAMAAN ILMIAH)

Contoh lainnya adalah saling ketergantungan kehidupan antara burung jalak dan badak. Burung jalak yang selalu hinggap di punggung badak akan memakan hama yang menghisap darah badak. Burung jalak akan mendapatkan keuntungan memperoleh makanan, dan perlindungan dari predatornya. Sedangkan badak akan memperoleh keuntungan karena menjadi bebas dari parasit.

Tagged as: jelaskan yang dimaksud dengan interaksi parsitisme alelopati predasi