Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru

Daftar Tujuh Keajaiban Dunia Baru Lengkap

Daftar 7 Keajaiban Dunia Terbaru. Gelar tujuh keajaiban dunia telah berkali-kali mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman. Kandidat dan situs bersejarah yang dimasukkan kedalam list-nya juga sudah berganti-ganti. Pada tahun 2007, sebuah organisasi yang memiliki nama 7 Wonders Foundation. Mereka secara resmi merilis New 7 Wonders of the World sebagai daftar situs paling bersejarah di dunia saat ini. Organisasi ini memiliki kantor pusat di Zurich, Swiss. Umumnya organisasi ini selalu memilih berdasarkan pemungutan suara terhadap lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Mereka mengumpulkan pendapat mengenai situs-situs penting ataupun bangunan-bangunan bersejarah di seluruh dunia. Jutaan suara dan pendapat orang-orang tersebut dijadikan penentu dalam keputusan akan diresmikannya daftar Tujuh Keajaiban Dunia Baru yang disinyalir lebih layak daripada yang lain. Dari kesekian banyaknya situs sejarah di seluruh dunia, 21 situs di antaranya berhasil lolos sebagai finalis. Dan kemudian 7 di antaranya terpilih menjadi 7 keajaiban dunia yang terbaru. Berikut adalah daftar tujuh keajaiban dunia versi terbaru:

Taj Mahal, India

Taj Mahal India 7 Keajaiban Dunia Baru

Taj Mahal India, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Bangunan megah nan indah ini berada di Agra. Sebuah negara bagian Utara Pradesh yang lokasi persisnya berada sekitar 212 kilometer dari bagian selatan ibu kota India, New Delhi.

Bangunan berbahan dasar marmer putih ini, merupakan simbol cinta seorang Kaisar di India bernama Mughal Shah Jahan kepada mendiang sang istri, Mumtaz Mahal. Kala itu istrinya melahirkan anak yang ke 14 namun sayangnya Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan. Kaisar Jahan yang merasa terpukul karena kehilangan istri tersayangnya, membangun bangunan megah bernama Taj Mahal.

Pada saat itu ia memerintahkan sekitar 20.000 pekerja dan 1.000 gajah dalam pembangunan Taj Mahal. Pembangunan dimulai pada tahun 1631 dan selesai pada 1648.

Chichén Itzá, Meksiko

Chichén Itzá Meksiko 7 Keajaiban Dunia Baru

Chichén Itzá Meksiko, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Salah satu situs asal meksiko ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, tepat setelah ditemukan pada tahun 1841. Bangunan Chichén Itzá adalah sebuah bangunan yang memiliki bentuk seperti Piramida. Bangunan ini dipercayai sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi bangsa Maya pada zaman dahulu. Lokasinya berada di Semenanjung Yucatan Meksiko.

Di sekitar bangunan utama Chichen Itza terdapat berbagai bangunan lain. Misalkan seperti Piramida Kulkucan, Candi Chac Mool, dan juga bangunan seribu tiang. Chichén Itzá merupakan salah satu sisa bangunan peninggalan suku Maya. Diperkirakan masa kejayaannya sekitar 600 M hingga 1200 M dan lokasi itu adalah kota besar, juga pusat kekuatan terbesar di daerah tersebut.

Chichén Itzá memiliki arti “di bibir mata air rakyat” jika diterjemahkan. Air adalah bagian integral paling penting dan terbesar dari kehidupan di sini. Dan kemungkinan merupakan salah satu faktor dalam kesuksesan kota tersebut pada masa itu, sebelum akhirnya hilang secara misterius hingga ditemukan kembali sisa-sisanya pada masa kini.

Colosseum, Italia

Colosseum Italia 7 Keajaiban Dunia Baru

Colosseum Italia, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Jika kita lihat sekilas, bangunan Colosseum ini memang nampak seperti stadion olahraga. Rupanya, bangunan besar ini merupakan tempat pertarungan paling eksis oleh para gladiator dan binatang pada zaman itu. Menurut sejarahnya, Colosseum mulai dibangun oleh Kaisar Vespasian sekitar tahun 70 Masehi. Berlokasi di Roma, Italia. Pembangunan Kolosseum selesai pada masa pemerintahan puteranya bernama Titus, pada abad 80 Masehi.

Bangunan Amfiteater besar ini rupanya memiliki lebih dari 80 pintu masuk. Bukan hanya itu, kapasitas tempat duduk disana tersedia untuk sekitar 50.000 orang. Sayangnya saat ini beberapa bagian Colosseum telah mulai hancur karena faktor alam semisal gempa bumi, atau tangan-tangan jahil penjarah, pengacau, bahkan insiden kebakaran. Namun tenang saja, kemegahannya masih menyuguhkan pemandangan yang indah. Tidak heran masih saja banyak pengunjung yang datang ke sana hingga kini.

Patung Kristus Penebus (Christ the Redeemer), Brazil

Christ the Redeemer Brazil 7 Keajaiban Dunia Baru

Patung Kristus Penebus (Christ the Redeemer) Brazil, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Daftar 7 kejabaiban dunia baru berikutnya adalah Christ the Redeemer atau Patung Kristus Penebus. Adalah sebuah Patung Yesus yang berlokasi tepat di atas gunung Corcovado Kota Rio de Janeiro, Brazil. Patung Yesus berukuran raksasa ini memiliki total ukuran ketinggian sekitar 38 meter dan menurut catatan sejarah memerlukan waktu 5 tahun untuk menyelesaikannya. Monumen Patung Kristus Penebus ini diresmikan pada tanggal 12 Oktober tahun 1931 dan tercatat juga sebagai salah satu dari 5 monumen terbaik di dunia hingga saat ini. Filosofi pada posisi tangan patung yang terbuka, berarti sebagai tanda kehangatan penduduk Brazil dalam menerima para tamu pendatang maupun wisatawan yang hadir di sana.

Petra, Yordania

Petra Yordania 7 Keajaiban Dunia Baru

Petra Yordania, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Petra adalah sebuah kota kuno yang didirikan lengkap dengan ukiran dinding-dinding pada tebing berbatu di Yordania. Membuat kota kuno ini menjadi lebih artistik dan memiliki makna-makna tertentu pada setiap ukirannya. Kata Petra diambil dari sebuah kata dari bahasa Yunani yang memiliki arti Batu.

Menurut sejarah, Petra merupakan ibu kota kerajaan Nabatean yang awalnya dibangun oleh Raja Aretas IV pada tahun 9 SM. Dan berakhir pada tahun 40 Masehi. Uniknya, situs ini ditemukan oleh penggelana asal Swiss yang bernama Johann Ludwig Burckhardt. Johann menemukan sisa-sisa situs ini pada tahun 1812. Petra Yordania berhasil ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO, dan tercatat mulai tanggal 6 Desember 1985. Menurut sejarah dan legenda yang menyebar di masyarakat, Petra Yordania dipercaya merupakan simbol dari Teknik dan Perlindungan di masa kejayaannya.

Tembok Raksasa, Cina

Tembok Raksasa Cina 7 Keajaiban Dunia Baru

Tembok Raksasa Cina, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Kita juga sering menyebutnya dengan nama The Great Wall of China atau Tembok Besar China. Adalah sebuah bangunan besar dan panjang berupa tembok besar yang dibangun untuk menghubungkan benteng-benteng pertahanan pada masa lalu dengan tujuan untuk melindungi wilayah China dari penyerangan suku Mongol pada jaman dahulu. Tembok Besar China ini mulai dibangun pada tahun 722 SM. Pada saat itu adalah dibangun hingga adanya dinasti Ming pada Tahun 1655.

Tembok besar cina tercatat sebagai bangunan terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia yang bangunannya membentang mulai dari atas gurun, pegunungan bahkan dataran rendah, dan terlihat bagaikan seekor Naga Raksasa yang meliuk-liuk. Menurut pengukuran dari Badan Survei dan Pemetaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya Republik Rakyat China tahun 2009, ukuran panjang Tembok Besar China adalah 8.850 km. Tembok Besar China kini telah dimasukan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO semenjak tahun 1987.

Machu Picchu, Peru

Machu Picchu Peru 7 Keajaiban Dunia Baru

Machu Picchu Peru, Salah Satu 7 Keajaiban Dunia Baru

Lokasi bangunan ini berada di Peru. Machu Picchu dibangun 7.000 kaki di atas permukaan laut, dan sudah dianggap sebagai destinasi yang paling sulit dijangkau dari semua daftar destinasi yang ada di dalam daftar tujuh keajaiban dunia.

Machu Picchu adalah sisa-sisa benteng kuno yang dibangun oleh para suku Inca di abad ke-15. Namun sayangnya pembangunannya tidak sampai selesai. Ini dipercaya adalah akibat dari adanya invasi spanyol pada abad ke-16. Menurut peneliti, diperkirakan hanya sekitar 750 orang yang tinggal di sini karena bukan merupakan kota besar dan hanya berupa kerajaan.

Tagged as: