adplus-dvertising
Tuesday , December 6 2022
Buah dengan Kandungan Vitamin D yang Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit

5 Buah dengan Kandungan Vitamin D yang Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit!

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang penting bagi tubuh. Fungsi vitamin D sendiri adalah untuk menjaga pertumbuhan sel agar tetap optimal dan untuk menjaga perkembangan otak.

Selain itu, vitamin D juga memiliki kemampuan untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dapat bekerja dengan baik dan tulang tetap sehat.

Terdapat berbagai cara dapat dilakukan untuk mendapatkan asupan vitamin D, mulai dari berjemur hingga mengonsumsi asupan vitamin. Akan tetapi, mengonsumsi buah juga merupakan cara yang cukup efektif.

Buah dengan Kandungan Vitamin D

Buah dengan Kandungan Vitamin D

Buah yang mengandung vitamin D (freepik.com)

Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin D, kamu juga akan mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin lainnya yang terkandung dalam buah tersebut. Berikut ini rangkuman beberapa buah dengan kandungan vitamin D yang sudah kami rangkum dari sumber artikel Indozone.

1. Kiwi

Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin D dan vitamin-vitamin lainnya. Menurut pyfahealth, sebuah penelitian membuktikan bahwa kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan imun tubuh, serta mengurangi risiko berbagai penyakit.

Selain mengandung vitamin D, kiwi juga mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K, kalium, kalsium, serat, asam folat, dan antioksidan.

2. Leci

Buah yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah leci. Kandungan vitamin D dalam leci dapat membantu meningkatkan sistem imun, meningkatkan kepadatan tulang, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, dan mencegah risiko kanker.

Buah leci juga mengandung vitamin A, vitamin C, serat, vitamin B12, kalium, natrium, dan kalsium.

3. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin D. Buah ini memiliki khasiat untuk meningkatkan imun tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan rambut, menjaga kesehatan mata, serta mencegah risiko anemia.

Selain mengandung vitamin D, mangga juga memiliki beberapa kandungan vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K.

4. Jambu Biji

Salah satu buah lainnya yang memiliki kandungan vitamin D adalah jambu biji. Kandungan vitamin D yang terkandung pada jambu biji dapat membantu meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari radikal bebas, serta melancarkan pencernaan.

Tidak hanya mengandung vitamin D, buah ini juga memiliki kandungan lainnya, yaitu serat, protein, vitamin C, vitamin A, zat besi, magnesium, kalium, serta antioksidan.

5. Cranberry

Cranberry adalah salah satu jenis buah yang mengandung vitamin D dan dikategorikan sebagai jenis buah beri yang memiliki antioksidan tinggi.

Khasiat dari kandungan vitamin yang terdapat dalam buah diantaranya adalah mampu untuk menjaga kesehatan gigi, mengontrol berat badan, mencegah risiko infeksi saluran kemih, membantu meningkatkan fungsi otak, dan mencegah kanker.

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D memberi perlindungan terhadap jantung (freepik.com)

Pada dasarnya, vitamin D merupakan asupan harian bagi tubuh yang penting untuk dipenuhi. Hal tersebut karena vitamin D dapat mengurangi resiko masalah kesehatan bagi tubuh yang mungkin terjadi karena defisiensi atau kekurangan vitamin D.

Dilansir dari halodoc, sebuah penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan antara defisiensi vitamin D dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut karena vitamin D memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dan memiliki manfaat sebagai antiinflamasi. Dalam penelitian lainnya, disebutkan bahwa kurangnya asupan vitamin D dapat berakibat pada sindrom metabolik dan hipertensi.

Oleh karena itu, jika seseorang mengalami defisiensi vitamin D akan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pertumbuhan, mudah mengalami perubahan emosi dan suasana hati, rentan infeksi, tumbuh gigi yang lambat, hingga otot jantung melemah.

Jadi, kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh dengan mengonsumsi buah maupun asupan lainnya. Selain mengonsumsi buah, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh dengan berjemur di pagi hari.