adplus-dvertising
Friday , October 7 2022
Seberapa Sehat Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Kesehatan Kulit Ini Faktanya

Seberapa Sehat Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Kesehatan Kulit? Ini Faktanya

Minyak kelapa murni alias virgin coconut oil (VCO) banyak ditemui sebagai salah satu bahan dalam produk skincare. Lalu, sebenarnya apa saja sih manfaat VCO untuk kesehatan kulit?

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan Kulit

VCO merupakan minyak yang dibuat dari buah kelapa lewat proses pemerasan dingin (cold pressed). Berbeda dari minyak kelapa umumnya, VCO tidak mengandung tambahan pewangi atau pemutih, sehingga bau dan rasanya pun lebih ringan.

Minyak satu ini memiliki kandungan senyawa terapeutik yang mampu memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk kulit.

1. Melembapkan Kulit

Salah satu manfaat utama VCO adalah membantu melembabkan kulit. Ini karena kandungan lemak jenuh yang bisa mencegah hilangnya kadar air lewat pori-pori.

Khasiatnya ini pun sudah dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Dermatitis pada 2004 lalu. Studi tersebut membandingkan dampak minyak kelapa dan minyak mineral lainnya, seperti petroleum terhadap peserta dengan kulit kering sedang hingga ringan.

Setelah pemakaian VCO selama dua minggu, hasilnya kulit lebih terhidrasi dan khasiatnya sama efektifnya dengan minyak mineral.

2. Meredakan Peradangan

Sejumlah penyakit kulit seperti dermatitis kontak, psoriasis dan eksim seringkali menyebabkan gejala berupa gatal-gatal dan ruam kemerahan yang tentu sangat mengganggu.

Hal ini dapat terjadi akibat peradangan di lapisan kulit. Nah, VCO mampu mengurangi peradangan di kulit berkat efek anti-inflamasi yang dimilikinya.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada International Journal of Dermatology menunjukkan bahwa 46% pasien pengidap penyakit kulit kronis, kondisinya membaik setelah menggunakan VCO.

3. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah kondisi yang dapat terjadi saat folikel rambut tersumbat sel kulit mati, minyak maupun kotoran lainnya. lambat laun, penyumbatan tersebut dapat menyebabkan peradangan dan memicu bintik-bintik merah dengan bagian putih pada tengahnya.

Dengan sifat anti-inflamasinya, virgin coconut oil dapat membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, sifat antibakteri dan asam lemak di dalamnya juga bisa mencegah munculnya jerawat. Meski begitu, pemakaian minyak kelapa murni untuk jerawat belum tentu cocok untuk seluruh jenis kulit. Ada baiknya untuk mengkonsultasikannya lebih dulu dengan dokter spesialis kulit apabila ingin memilihnya sebagai obat jerawat.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

VCO ternyata juga mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit dengan mendorong produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang berfungsi sebagai bahan pembentuk otot, rambut, tulang, kulit, tendon dan ligamen tubuh.

Dengan fungsinya itu, senyawa ini sangat diperlukan untuk membentuk kembali lapisan kulit yang mengalami kerusakan akibat luka.

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan kulit lainnya yaitu sebagai pencegah penuaan dini. Manfaat satu ini didapatkan berkat antioksidan di dalam VCO yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Perlu diketahui, radikal bebas adalah molekul elektron yang tidak memiliki pasangan. Sehingga, molekul satu ini harus mendapat elektron dari molekul lainnya.

Molekul tersebut bisa menyerang molekul di dalam tubuh. Jika jumlahnya berlebihan, radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan protein, sel, DNA hingga keseimbangan tubuh. Hal inilah yang kemudian kerap disebut sebagai stres oksidatif.

Tidak hanya mengakibatkan penyakit pada tubuh, stress oksidatif juga bisa mempercepat penuaan kulit. Selain itu, juga dapat mengurangi kelembaban kulit dan semakin meningkatkan risiko kanker yang dikarenakan adanya mutasi DNA.

Nah, untuk mendapatkan berbagai manfaat VCO (virgin coconut oil) di atas, kamu bisa membelinya di Healthy Choice. Produknya terjamin terbuat dari 100% daging kelapa asli yang dikemas dalam botol kaca untuk melindungi kualitasnya.