Pengertian Preposition, Jenis & Contoh (Kata Tunjuk dalam Bahasa Inggris)

Pengertian Preposition Jenis Contoh Kalimat Kata Tunjuk Bahasa Inggris

Pengertian Preposition, Jenis & Contoh (Kata Tunjuk dalam Bahasa Inggris). Penjelasan materi preposition yang meliputi definisi, jenis macam ragam dan contoh kalimat yang mengandung unsur kata preposition dalam tatanan bahasa inggris. Kita memahami bahasa adalah alat berkomunikasi paling dasar selain dengan gerak tubuh dan suara. Ada banyak hal yang harus dipelajari pada bahasa. Mulai dari susunan kalimat, dan juga kata tunjuk.

Kata tunjuk sendiri umumnya digunakan untuk menginteruksi sesuatu yang berkaitan dengan lokasi dan letak dari sesuatu. Bisa manusia, benda, maupun waktu. Mirip seperti di bahasa Indonesia, dimana kata tunjuk adalah susunan penting untuk keterangan, di bahasa Inggris pun kita juga belajar kata tunjuk untuk menunjukkan keterangan suatu objek yang dijadikan bahan pembicaraan kita dalam berkomunikasi.

Kali ini kita akan membahas mengenai kata tunjuk, dimana di dalam bahasa Inggris disebut sebagai PREPOSITION. Jadi, siapkan buku dan catatan kalian atau langsung saja simpan halaman artikel di ilmupelajaran.com ini agar kalian dapat selalu memiliki catatan bahasa Inggris mengenai Preposition, ya.

Di keseharian kita, pelajaran bahasa Inggris pasti memiliki beragam susunan kalimat. Dan suda pasti ketika kalian melakukan aktivitas seperti contohnya membaca, mendengar atau bahkan bercerita, kalian akan sering sekali menemui kata singkat yang hanya disusun oleh dua huruf seperti contohnya in, on, dan at dalam satu susunan kalimat bahasa Inggris.

Tahukah kalian bahwa sebenarnya itu adalah beberapa contoh dasar dari kata tunjuk atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Preposition. Sebelum kita lanjutkan, mungkin kalian juga tertarik dengan pembahasan kami mengenai contoh greetings dan introducing yang sangat berguna dalam komunikasi dan pergaulan sehari-hari.

Pengertian Preposition

Apakah yang dimaksud dengan preposition? Mudahnya, bisa dikatakan bahwa preposition sendiri adalah merupakan salah satu dari sekian banyaknya komponen pembacaan atau biasa kita sebut sebagai part of speech yang kemunculannya difungsikan sebagai penunjuk letak dari sesuatu hal, tak terbatas hanya objek nyata, bahkan waktu juga dapat ditunjukkan dengan preposition.

Sebenarnya preposition sendiri jika diartikan pada bahasa Indonesia akan memiliki arti kata depan. Mungkin akan cukup membingungkan bagi kalian, karena lebih mudah dengan menyebutnya sebagai kata tunjuk atau kata tempat. Ini tentunya tidak berbeda maksud fungsi jika dilihat dari pengertiannya pada paragraf-paragraf sebelumnya.

Contoh Preposition dalam Bahasa Inggris

Pada penyusunan kalimat pada bahasa Inggris, preposition memiliki banyak sekali bentuk. Sebagai contoh preposition adalah seperti pada tabel berikut:

No.PrepositionArti dalam Bahasa Indonesia
1AtDi
2InDi dalam
3OnDi atas
4UnderDi bawah
5OverDi atas (namun melayang)
6UnderDi bawah
7NearDi sekitar
8FarJauh
9UpKe atas
10DownKe bawah
11BesideDi samping
12IntoKe dalam
13Out OfKe luar
14AmongDi antara
15PastMelewati
16ThroughMelewati
17AcrossMenyeberang
18AlongBersamaan
19In Front OfDi depan
20BehindDi belakang
21AroundDi sekitar (melingkar, berputar)
22BetweenDi antara
23OppositeBerlawanan arah (berlainan)
24FirstPertama
25SecondKedua
26ThirdKetiga
27LastTerakhir

Tabel diatas telah berisi berbagai kata tunjuk atau preposition. Dimana pada susunan tabel tersebut sebenarnya banyak sekali kata tunjuk (kata depan) yang menggunakan posisi peringkat seperti first (pertama) dan last (terakhir) yang pada kata bahasa Inggris terdapat banyak sekali bahkan tidak terhingga karena sesuai dengan nomor urut angka.

Bukan hanya kata tunggal, preposition memiliki fungsi yang beragam sesuai dengan jenis dan posisinya digunakan. Maka dari itu, pembahasan selanjutnya setelah ini kita akan memahami jenis-jenis dari prepotition yang digunakan pada kalimat bahasa Inggris.

Jenis dari preposition sendiri dapat dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu Preposition of Time, Preposition of Place and Position, dan Preposition of Movement. Masing-masing memiliki fungsi dan pemahaman tersendiri jika disusun pada sebuah kalimat.

Jenis-jenis Preposition

Berikut ini adalah daftar jenis jenis dari preposition yang dapat kita gunakan, yaitu: preposition of time (kata tunjuk waktu); preposition of place and position (kata tunjuk posisi & tempat) dan preposition of movement (kata tunjuk bergerak). Biar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu.

Preposition of Time (Kata tunjuk waktu)

Preposition of time adalah salah satu jenis kata depan (tunjuk) yang digunakan untuk mengarahkan penjelasan sebuah kalimat pada waktu. Dalam materi bahasa indonesia mungkin paling familiar dengan kata keterangan waktu, begitu pula di bahasa Inggris.

Kita dapat mengambil contoh kata preposition of time adalah seperti at (jam), by (pada/sebelum), after (sesudah), from (dimulai pada), in (selama), on (pada), over (selama), during (selama), for (selama), past (melebihi), since (sejak), till (sampai), dan until (sampai).

Jika kita menyusunnya menjadi sebuah contoh kalimat dapat didapatkan sebagai berikut:

The event start from 9 a.m until 7.pm
Terjemahan: Acaranya dimulai dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam

Ananta Company was established since 1955
Terjemahan: Perusahaan Ananta didirikan sejak tahun 1955

School starts at 7 a.m
Terjemahan: sekolah dimulai pada jam 7 pagi

Keunikan Preposition of Time

Tahukah kalian bahwa ternyata preposition of time sendiri juga memiliki beberapa keunikan yang berbeda? Diantaranya adalah:

  • “on” umumnya digunakan untuk diletakkan di depan hari, waktu tertentu, tanggal, serta hari-hari besar.
  • “in” umumnya digunakan untuk diletakkan di depan kata-kata yang menunjukkan bulan, musim, tahun, rentang waktu, dan sebagainya.
  • “for” umumnya digunakan untuk diletakkan di depan kata-kata yang menunjukkan rentang waktu.
  • “at” umumnya digunakan untuk diletakkan di depan kata-kata yang menunjukkan waktu tertentu ataupun jam.
  • “since” umumnya digunakan untuk diletakkan di depan kata-kata yang menunjukkan waktu tertentu di masa lampau.

Preposition of Place and Position (Kata Tunjuk Posisi dan Tempat)

Preposition of place and position adalah kata preposition yang umumnya digunakan sebaga penunjuk tempat dan posisi.

Kita dapat mengambil contoh kata preposition of time adalah seperti at (di), behind (di belakang), below (dibawah), between (di antara), in (di dalam), above (suatu benda diatas benda yang lain), along (sepanjang), among (di antara), around (di sekitar), in front of (di depan), on (di), outside (di luar, inside (di dalam), under (di bawah), dan lain lain.

Jika kita menyusunnya menjadi sebuah contoh kalimat dapat didapatkan sebagai berikut:

Please put your pen on the table
Terjemahan: Tolong letakkan penamu di atas meja

My house is in front of store
Terjemahan: Rumahku ada di depan toko

Where are you? I’m already in the school
Terjemahan: Kamu dimana? aku sudah ada di sekolah

Preposition of Movement (Kata Tunjuk Bergerak)

Preposition of movement adalah salah satu jenis preposition yang berfungsi sebagai penunjuk sebuah pergerakan atau perpindahan suatu hal.

Kita dapat mengambil contoh kata preposition of time adalah seperti down (menuruni), to (ke), towards (menuju), around (mengelilingi), past/by (melewati) dan lain sebagainya.

Jika kita menyusunnya menjadi sebuah contoh kalimat dapat didapatkan sebagai berikut:

Kiki going to school every morning
Terjemahan: Kiki pergi ke sekolah setiap pagi

The Dady’s workspace is down there
Terjemahan: Ruang kerja ayah berada di bawah

I’m eating ramen every afternoon
Terjemahan: Aku memakan ramen setiap sore

Setelah membaca materi pengertian, jenis dan contoh preposition (kata tunjuk dalam bahasa inggris) di atas tentu kalian sudah semakin paham bukan? Jangan lewatkan materi Bahasa Inggris lainnya seperti pengertian, macam, contoh kalimat adverb yang sangat mudah untuk dipahami, serta pengertian adjective, jenis, contoh kalimat yang merupakan kata sifat dalam bahasa inggris.

Tagged as: Kalimat yang mengandung kata tunjuk adalah