Jenis-jenis Teks dalam Bahasa Inggris (Types of Texts)

Jenis jenis Teks dalam Bahasa Inggris Pengertian Types of Texts

Jenis-jenis Teks dalam Bahasa Inggris (Types of Texts). Penjelasan materi macam-macam teks mulai dari narrative text, descriptive text, report text, recount text, explanation text, procedure text, discussion text, review text, hortatory exposition, analytical exposition, dan anecdote text. Tahukah kalian bahwa dalam bahasa Inggris, juga ada yang namanya jenis kalimat atau teks. Nah, jenis-jenis teks yang ada ini biasa disebut juga sebagai types of texts atau text types.

Kalian pasti juga sebenarnya sering menemui pada saat membaca, namun tidak benar-benar yakin teks jenis mana yang kalian baca. Pengelompokan Kinds of Text dalam bahasa Inggris sendiri memang sudah pasti dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu diantaranya:

  • Tujuan teks (Purpose)
  • Fungsi teks (Function)
  • Struktur Bahasa (Generic Structure)
  • Ciri-ciri kebahasaan (Language Feature)

Sebelum kita lanjutkan pembahasan materi type of text (jenis-jenis teks), ada baiknya jika kalian mereview kembali materi pelajaran yang lalu, yakni greetings dan introducing dalam komunkasi formal dan non-formal, serta pengertain preposition lengkap dengan jenis dan contohnya. Hal tersebut sekedar untuk me-refresh materi yang telalu kami hadirkan sebelumnya. Baiklah, kita kembali ke pokok bahasan hari ini, text types atau jenis-jenis teks dalam bahasa inggris.

Narrative Text

Narrative Text adalah salah satu jenis teks yang ada dalam Bahasa Inggris dan digunakan untuk menceritakan sebuah kisah/cerita di masa lampau dan memiliki tujuan sebagai penghibur.

Ada beberapa bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Orientation

Kita bisa menyebutnya orientasi dan dalam bagian ini teks yang ada memiliki isi mengenai pengenalan cerita yang akan ceritakan, dan dapat mengenai tempat dan tokoh dalam cerita.

2. Complication

Kita juga bisa menyebutnya sebagai komplikasi dan dalam bagian ini berisi penjelasan mengenai apa yang sedang terjadi dan umumnya ditandai dengan munculnya sebuah konflik atau masalah.

3. Resolution

Kita juga bisa menyebutnya resolusi yang di dalamnya berisi akhir atau ending pada cerita. Umumnya ditandai dengan selesainya sebuah konflik. Dapat juga disebut sebagai Pemecahan masalah.

4. Reorientation

Reorientation adalah bagian yang kesimpulan dalam cerita.

Descriptive Text

Descriptive Text adalah salah satu jenis teks yang ada dalam Bahasa inggris dan digunakan untuk menggambarkan suatu objek, baik itu benda,orang, atau tempat dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Identification

Kita bisa menyebutnya identifikasi, dan dalam bagian ini teks yang ada memiliki isi mengenai penggambaran secara singkat objek yang ingin di deskripsikan.

2. Description

Kita bisa menyebutnya deskripsi, dan di dalam bagian ini teks yang ada memiliki isi mengenai deskripsi mengenai objek yang sedang di amati (penjabaran dari bagian Identification).

Report Text

Report Text adalah salah satu jenis teks yang didalamnya berisi mengenai informasi tertentu dan disajikan dalam bentuk tulisan. Informasi yang ada juga tidak terbatas, dan bisa mengenai apa saja.

Ada beberapa bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. General Classification

Adalah salah satu bagian yang di dalamnya berisi klasifikasi secara umum tentang sesuatu yang akan dilaporkan dalam sebuah teks.

2. Description

Adalah salah satu bagian yang di dalamnya, si penulis (writer) mulai mendeskripsikan atau menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi.

Recount Text

Recount Text adalah salah satu jenis text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan atau menceritakan sebuah cerita di masa lalu. Recount text umumnya memiliki bentuk Past Tense atau lampau.

Bagian pada teks jenis Recount text ini, yaitu:

1. Orientation

Adalah bagian yang didalamnya berisi paragraf pembuka dari suatu text, umumnya terdapat pengenalan sebagai pembukaan atau awal sebuah cerita.

2. Events

Adalah bagian yang didalamnya berisi ceritak peristiwa atau pengalaman apa yang sudah dialami.

3. Reorientation

Adalah bagian yang di dalamnya berisi sebuah kesimpulan terhadap keseluruhan isi cerita tersebut.

Explanation Text

Explanation Text adalah sebuah teks yang di dalamnya berisi penjelaan terjadinya suatu hal secara jelas dan lengkap. Bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Tittle

Judul atau tema yang akan kita jelaskan.

2. Definition

Definisi terhadap text yang di tuliskan.

3. Description

Deskripsi terhadap sesuatu hal yang sedang dibahas.

4. Process

Penjelasan mengenai apa saja proses yang sedang terjadi.

5. Application

Pengaplikasiannya atau penerapanya.

Procedure Text

Procedure Text adalah salah satu jenis text yang ada pada Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan atau menceritakan cara-cara atau tahapan dalam melakukan ataupun membuat sesuatu. Bisa benda atau yang lainnya. Bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Aim (Goal)

Di dalam bagian ini, umumnya berisi tentang pemaparkan tujuan dari proses pembuatan yang dilakukan.

2. Materials (Equipment)

Di dalam bagian ini berisi barang-barang atau benda (alat) yang akan digunakan untuk membuat sesuatu.

3. Steps

Di dalam bagian ini berisi langkah-langkah atau cara-cara dalam membuat atau melakukan sesuatu.

Baca juga: Pengertian, Macam, Contoh Kalimat Adverb (Kata Keterangan Bahasa Inggris)

Discussion Text

Discussion Text adalah salah satu teks yang berfungsi untuk menjelaskan suatu diskusi atau perdebatan. Temanya dapat bermacam-macam tergantung masalah yang terjadi. Dalam teks ini sudah umum jika akan muncul Pro dan Kontra sesuai tema yang dibicarakan. Bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Issue

Ini adalah bagian yang berisi banyak mengenai isu yang terjadi saat ini

2. Arguments

Ini adalah bagian yang berisi alasan-alasan mengenai tema yang sedang di bahas

3. Elaboration

Ini adalah bagian yang mengungkapkan pendapat mana yang akan dipilih

4. Conclusion

Ini adalah bagian yang berisi kesimpulan terhadap tema yang sedang dibahas

Review Text

Review Text adalah salah satu jenis teks yang berfungsi sebagai komentar atau evaluasi mengenai suatu produk atau sesuatu tertentu. Bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Orientation

Ini adalah bagian yang berisi pengenalan mengenai sesuatu yang akan kita review tersebut.

2. Interpretation

Ini adalah bagian yang berisi penilaian terhadap sesuatu yang akan kita review.

3. Evaluation

Ini adalah bagian yang berisi evaluasi dan komentar terhadap sesuatu hal

Hortatory Exposition

Hortatory Exposition adalah salah satu teks yang disusun berdasarkan pemikiran atau ide penulis sendiri terhadap sebuah gagasan yang ditujukan sebagai nasihat atau saran kepada pembaca. Bagian pada teks jenis ini, yaitu:

1. Thesis

Di dalam bagian ini, penulis memberikan gagasan atau teory menurut versinya sendiri.

2. Arguments

Di dalam bagian ini, umumnya berisi tentang sebuah thesis yang disampaikan juga beberapa argumen atau alasan yang dapat mendukung terhadap pemikiran si penulis.

3. Recommendation

Di dalam bagian ini merupakan bagian terakhir dimana penulis perlu memeberikan sebuah rekomendasi pada pembaca mengenai yang seharusnya atau tidak seharusnya dilakukan.

Analytical Exposition

Analytical Exposition adalah salah satu jenis teks yang berisi tentang suatu pendapat (argumentation text). Tujuan ditulisnya teks jenis ini adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang disajikan adalah topik yang penting untuk dibahas dan perlu mendapatkan perhatian. Bagiannya adalah:

1. Thesis

Di dalam bagian ini terdapat pengenalan topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis umumnya akan terletak di paragraf pertama.

2. Argument

Di dalam bagian ini penulis sudah mulai memberikan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang dapat mendukung ide pokok penulis.

3. Reiteration

Di dalam bagian ini adalah penutup dan selalu terletak di akhir paragraf.

Anecdote Text

Anecdote Text adalah jenis teks yang berfungsi untuk menceritakan hal-hal yang ganjil yang terjadi pada masa lampau. Bagiannya adalah:

1. Abstract

Ini bisa diisi sebagai awal terjadinya suatu peristiwa

2. Orientation

Ini bisa diisi tentang setting atau latar suatu peristiwa.

3. Crisis

Ini bisa diisi mengenai keganjalan apa saja yang terjadi pada cerita tersebut.

4. Reaction

Pada bagian ini penulis mulai mengakhiri keganjilan yang terjadi.

5. Coda

Pada bagian ini, penulis juga memberikan kesimpulan atau amanat dalam cerita.

Demikianlah materi jenis-jenis teks dalam bahasa inggris yang telah kita bahas bersama. Semoga kalian langsung bisa memahaminya dengan mudah. Namun sebelum kalian meninggalkan website ILMUPENDIDIKAN.COM ini, kalian juga ingin membaca materi lainnya seputar kata sifat dalam bahasa inggris, pengertian adjective, jenis, contoh kalimat yang kiranya juga menarik untuk dipelajari.