Contoh Greetings dan Introducing dalam Komunikasi Formal & Non Formal

Belajar Sapaan Greetings Perkenalan Introducing dalam Komunikasi Resmi Non Formal

Contoh Greetings dan Introducing dalam Komunikasi Formal & Non Formal. Dalam mempelajari introducing biasanya harus terlebih dahulu memahami tentang greetings atau salam (sapaan). Mempelajari kata sapaan dapat membantu kita dalam bergaul dengan sekitar. Karena penggunaan kata sapaan juga sangat penting dalam menunjukkan keramah tamahan kita pada orang lain. Ada dua situasi yang digunakan dalam greeting, yaitu situasi formal dan informal. Pengaplikasian greeting juga dapat dilakukan dengan saling berjabat tangan, senyum dan hal-hal lain sebagainya. Berikut adalah greeting yang dapat diucapkan ketika bertemu seseorang dalam bahasa inggris.

Sapaan Formal (Formal Greetings)

Formal greeting biasa digunakan untuk menyapa dengan formal dan sopan. Subjek yang disapa biasanya adalah rekan kerja, guru atau orang tua. Kalimat sapaan ini biasanya berisi mengenai waktu dimana aktivitas menyapa dilakukan. Sifatnya yang formal juga dapat digunakan ketika kita ingin menyapa orang baru kita kenal atau temui. Dapat juga untuk menyapa orang yang tidak terlalu akrab.

Hi (hi)

Hello (Halo)

Good Morning (Selamat Pagi)

Good Afternoon (Selamat Siang)

Good Evening (Selamat Sore)

Good Night (Selamat Malam)

How are you? (Bagaimana kabarmu?)
Responses: Im fine, thanks (Aku baik, terima kasih)

Nice to meet you (Senang bertemu denganmu)
Responses: Nice to meet you too (Senang bertemu denganmu juga)

Sapaan Non formal (Informal Greetings)

Biasa digunakan untuk menyapa dengan santai dan penuh keakraban. Subjek yang disapa umumnya adalah rekan kerja atau sahabat. Kalimat sapaan ini biasanya juga berisi mengenai waktu dimana aktivitas menyapa dilakukan.

Hi! (Hai!)

What’s up? (Apa kabar?)

What’s news? (Apa ada yang baru?)

How’s everything? (Bagaimana semuanya?)

How’s it going? (Bagaimana sekarang?)
Responses: Great, thanks (Luar biasa, terima kasih)

Good to see you. (Senang bertemu kamu)
Responses: Good to see you too (Senang bertemu denganmu juga)

Jenis Perkenalan (Introducing) dan Contohnya

Dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari, kita akan sering dipertemukan dengan orang-orang baru yang bahkan sebelumnya belum pernah kita kenal. Contoh paling umum biasanya ketika kita masuk ke sekolah baru, kelas baru atau pindah rumah, kita harus menegur sapa dan berkenalan dengan orang-orang sekitar.

BACA JUGA: JENIS MAKNA KATA DALAM BAHASA INDONESIA

Ini merupakan kegiatan bersosialisasi yang wajib dilakukan untuk mengenal satu sama lain. Manfaat dari mengenal satu sama lain ialah terciptanya hubungan baru dan komunikasi yang baik yang dapat membantu kita dalam menjalani kegiatan sosial sehari-hari.

Untuk mengawali perkenalan, ada berbagai macam hal yang dapat kita lakukan. Dalam bahasa inggris, kegiatan ini disebut sebagai introducing. Nah, berikut adalah contoh dan ungkapan yang umum digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa inggris.

Memperkenalkan Diri Sendiri (Introduce Oneself)

Jika kita sedang berada sendirian dan ingin memperkenalkan diri pada orang baru, maka penggunaan kata yang tepat adalah penggunaan subjek dengan satu orang dan menyatakan kepemilikan. Biasanya diikuti dengan penyebutan nama, alamat atau diawali dengan sapaan. Contoh:

Perkenalan singkat yang hanya menggunakan nama saja tanpa sapaan atau pertanyaan

My Name is Hanif (Nama saya Hanif)

Perkenalan singkat hanya dengan menggunakan sapaan dan nama

Hallo, i am Hanif (Hallo, saya Hanif)

Perkenalan yang menggunakan salam dan nama

Good afternoon, my name is Faizan (Selamat siang, nama saya Faizan)

Perkenalan dengan menggunakan sapaan ramah dan nama

Hi, nice to meet you. My Name is Faizan (Hai, senang bertemu denganmu, nama saya adalah Faizan)

Perkenalan detail, biasanya digunakan untuk di kelas

My full name is Faizan Hanif, you can call me Faizan (Nama lengkap saya Faizan Hanif, kamu bisa memanggil saya Faizan)

Let me introduce myself. My name is Faizan (Ijinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Faizan)

May I introduce myself? My name is Faizan (Bolehkah saya memperkenalkan diri? Nama saya Faizan)

Good morning all. My name is Faizan. I came from Surabaya. Nice to meet you. (Selamat pagi semuanya. Nama saya Faizan. Saya berasal dari Surabaya. Senang bertemu dengan kalian)

Perkenalan dengan menanyakan balik pada orang lain

Good morning, my name is Faizan. What is your name? (Selamat pagi, nama saya Faizan. Siapa namamu?)

Hi, Nice to meet you. My name is Faizan, how about you? (Hai, senang berjumpa denganmu. Nama saya Faizan, bagaimana denganmu?)

Dalam memperkenalkan diri, ada banyak tujuan. Mulai dari ingin mengetahui lebih jauh mengenai orang yang diajak berbicara, mengetahui informasi tertentu dan lain sebagainya.

Contoh Introducing Oneself dengan Lengkap

Contoh dibawah ini adalah mengenai perkenalan seorang siswa pada teman-teman barunya di kelas. Pada perkenalan secara formal dengan teman-teman baru di sekolah biasanya digunakan kalimat-kalimat panjang yang menjelaskan diri seorang siswa. Mulai dari nama lengkapnya, panggilannya, asal kota atau sekolahnya, alamatnya dimana dan hobi.

Perkenalan jenis ini biasanya juga dibuka dengan aba-aba dari guru yang menanyakan dan memperkenalkan seorang siswa ke siswa lainnya.

Good morning all, allow me to introduce myself. My name is Faizan Hanif. You can call me Faizan. I was born in Surabaya on 20 January 2005. I now live in Malang. Right now I stayed at my granma’s house. Now allow me to introduce myself further. I like things that smell of adventurous, reading, watching, and spent my free time by sleeping. Well, that’s my introduction this time. Pleased to meet you.

(Selamat pagi semuanya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Faizan Hanif. Kalian bisa memanggil saya Faizan. Saya lahir di Surabaya pada 20 Januari 2005. Sekarang saya menetap di kota Malang. Sekarang ini saya tinggal di rumah nenek saya. Sekarang izinkan saya untuk memperkenalkan diri lebih jauh. Saya suka hal hal yang berbau petualangan, membaca, menonton dan menghabiskan waktu luang saya dengan tidur. Baiklah, itu saja perkenalan dari saya kali ini. Senang bertemu dengan kalian.)

Memperkenalkan Orang Lain (Introducing Others)

Jika kita sedang berada bersama orang lain, entah itu teman atau keluarga dan ingin memperkenalkan mereka pada orang baru, maka penggunaan kata yang tepat adalah penggunaan subjek dengan nama orang lain. Biasanya diikuti dengan penyebutan nama, alamat atau diawali dengan pertanyaan. Contoh:

Perkenalan untuk penggunaan satu orang

Do you know Faizan? (Apakah anda mengenal Faizan?)

Have you met Faizan? (Pernahkah anda bertemu dengan Faizan?)

Untuk memperkenalkan satu orang teman kita atau yang kita kenal

This is a friend of mine, Faizan. (Ini adalah teman saya, Faizan)

Hanif, this is Faizan, my friend. (Hanif, ini adalah Faizan, teman saya)

Perkenalan pada lingkungan pekerjaan

May I introduce my friend, Mr. Faizan? (Bolehkan saya memperkenalkan teman saya, Bapak Faizan?)

Please allow me to introduce our new Manager. (Ijinkan saya untuk memperkenalkan manajer kita yang baru)

Itulah beberapa jenis greetings dan introducing, lengkap dengan contohnya yang bisa dipraktikkan dalam komunikasi baik secara formal maupun non formal (informal).