adplus-dvertising
Wednesday , May 25 2022
Bangun Ruang Kubus Ciri, Unsur Pembentuk, Rumus dan Contoh Soalnya

Bangun Ruang Kubus: Ciri, Unsur Pembentuk, Rumus dan Contoh Soalnya

Bangun ruang kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 6 sisi yang serupa, 12 rusuk sama panjang, dan 8 titik sudut. Kubus sebagai bangun ruang, memiliki wujud bujur sangkar dan memiliki kata lain yaitu bidang enam yang beraturan.

Sebagai salah satu bangun ruang tiga dimensi, kubus memiliki volume, isi, dan komponen penyusun berupa sisi, ruang, dan titik sudut, sisi khas yang dimiliki pada bangun ruang ini adalah datar. Bangun ruang ini  memiliki bentuk istimewa dari sebuah prisma segi empat. Hal ini karena sisi, alas, dan atas pada bangun ruang kubus memiliki ukuran yang sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu Anda akan dengan mudah menemukan contoh bangun ruang berbentuk kubus ini. Seperti dadu, rubik, kotak kardus kubus, kotak tisu kubus, es batu kubus hingga akuarium kubus. Jika diperhatikan dengan baik, setiap sisinya memiliki panjang yang sama rata.

Ciri-Ciri Bangun Ruang Kubus

Sama halnya dengan bangun ruang yang lainnya, kubus juga memiliki karakteristik dan sifat yang tidak sama dengan lainnya. Karakter tersebut menjadi pembeda antara bangun ruang kubus dengan yang lainnya. Ciri-ciri kubus yang perlu dipahami antara lain :

  • Kubus memiliki enam sisi dengan panjang yang sama besar setiap sisinya
  • Setiap sisi kubus berbentuk persegi
  • Kubus memiliki 12 rusuk yang setiap rusuknya sama panjang. Rusuk sendiri merupakan garis persekutuan atau perpotongan antara dua sisi
  • Kubus memiliki 8 titik sudut
  • Kubus memiliki 12 sisi diagonal yang sama panjang dan memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang juga
  • Kubus memiliki beberapa bentuk jaring-jaring kubus. Jaring-jaring kubus adalah kubus yang sebagian dari rusuknya digunting sedemikian rupa.
  • Kubus memiliki volume dan luas permukaan
  • Kubus memiliki sisi datar

Unsur-Unsur Pembentuk Kubus

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri dari bangun ruang kubus, Anda juga perlu mengetahui unsur pembentuk kubus. Unsur ini sangat berperan dalam proses pembentukan bangun ruang kubus. Ada beberapa unsur yang sangat penting dalam pembentukan bangun ruang ini, antara lain :

  • Sisi atau bidang : sisi kubus adalah bidang yang membatasi kubus, pada satu kubus memiliki enam buah sisi yang berbentuk persegi
  • Rusuk : rusuk kubus adalah garis potong antara dua sisi bidang kubus menyusun sebuah bangun ruang kubus. Sisi kubus memiliki luas yang sama antara satu dengan yang lainnya. jumlah rusuk pada kubus yaitu sebanyak 12 buah yang sama panjang
  • Titik sudut : titik sudut pada kubus merupakan titik potong antara dua rusuk kubus dengan total 8 titik sudut
  • Diagonal : selain sisi, rusuk, dan titik sudut, kubus juga memiliki diagonal. Terdapat tiga diagonal kubus yaitu diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Diagonal bidang merupakan garis yang menghubungkan kedua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu sisi atau bidang. Diagonal ruang adalah ruas garis yang menghubungkan titik sudut dalam satu ruang yang saling berhadapan. Sedangkan bidang diagonal adalah bidang yang melalui dua rusuk yang berhadapan. Bangun ruang ini mempunyai enam bidang diagonal yang berbentuk persegi panjang yang kongruen

Rumus Menghitung Bangun Ruang Kubus

Dalam pembahasan kali ada terdapat 2 rumus yang bisa digunakan untuk menghitung bangun ruang kubus yaitu luas permukaan dan volume. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian lengkapnya.

1. Rumus Luas Permukaan

Luas permukaan merupakan jumlah permukaan yang memiliki satuan jarak kuadrat. Secara sederhana dapat digambarkan dengan jumlah luas pada permukaan objek bangun ruang kubus. Perlu diingat bahwa satuan dari luas permukaan tidak mutlak dalam meter. Biasanya mengikuti permintaan dari soal.

Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kubus terdiri dari 6 persegi sama panjang yang disusun menjadi sebuah bangun ruang. Oleh karena itulah luas permukaan dari kubus secara sederhana bisa dikatakan 6 x luas persegi.

Contoh soal :

Jika sebuah bangun ruang kubus memiliki panjang sisi masing-masing 6 cm, berapakah volumenya?

Jawaban :

Luas permukaan kubus : 6 x (S x S ) >> 6 x (6 x 6 ) = 216 cm persegi

2. Rumus Volume Bangun Ruang Kubus

Rumus volume kubus juga terbilang sangat mudah dan sederhana. Karena kubus merupakan bangun ruang yang terdiri dari beberapa sisi dengan panjang yang sama, maka untuk menentukan volumenya juga sangat mudah.

Untuk rumus volume bangun ruang  kubus sendiri merupakan perkalian panjang, lebar, dan tinggi kubus. Panjang sisi-sisi dan rusuk kubus adalah sama, oleh karena itulah rumus volume kubus secara sederhana bisa dikatakan S x S x S.

Contoh soal :

Berapakah volume dari bangun ruang kubus jika memiliki panjang rusuk 3 cm?

Jawaban :

V : S x S x S >> 3 x 3 x 3 = 27 cm kubik

Sebagai salah satu bangun ruang tiga dimensi, kubus dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus merupakan bangun ruang yang unik karena memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik. Untuk menghitungnya pun rumus yang digunakan sangat sederhana.

Penutup

Itulah informasi mengenai bangun ruang kubus, ciri, unsur pembentuk, rumus dan contohnya. Semoga bermanfaat.