adplus-dvertising
Saturday , February 4 2023
Tips Ngeblog untuk Pemula yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 8 Tips Ngeblog untuk Pemula yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan kemajuan teknologi, blog semakin dikenal oleh para pengguna internet di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah blogger yang ada di tanah air.

Aktivitas blogging atau ngeblog itu sendiri masing-masing orang tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Termasuk Anda yang masih baru di dunia blogging. Tentu saja menjadi blogger pemula bukanlah perkara yang mudah.

Tips Ngeblog untuk Pemula agar Tidak Salah Arah

Tips Ngeblog untuk Pemula agar Tidak Salah Arah

Jika Anda baru memulai blog, Anda mungkin merasa berat akan prosesnya. Selain itu, Anda bisa saja mengalami beberapa kendala dan kebingungan dalam menjalaninya.

Namun, dengan beberapa tips dan trik, Anda dapat dengan mudah memulai blog yang menarik dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips ngeblog untuk pemula yang kiranya perlu Anda perhatikan:

1. Tentukan Tujuan Ngeblog

Sebelum memulai blog, pertimbangkan apa yang ingin Anda capai dengan blog Anda. Apakah Anda ingin menyampaikan pendapat Anda, berbagi tips dan trik, atau menghasilkan uang? Menentukan tujuan Anda akan membantu Anda menentukan tema dan isi blog Anda.

Salah satu kesalahan blogger yang sering terjadi adalah memulai blog tanpa menentukan tujuannya sebelumnya, sehingga semuanya menjadi tidak terarah.

2. Pilih Platform yang Tepat

Saat ini sudah ada banyak platform blogging gratis yang tersedia, seperti WordPress dan Blogger. Platform ini sangat populer, mudah digunakan dan memungkinkan Anda memulai blog dengan cepat dan mudah.

Namun, jika Anda ingin lebih banyak kontrol atas desain dan fitur blog Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menginstal platform blogging seperti WordPress.org di server web atau web hosting Anda sendiri.

3. Menjadi Diri Sendiri

Dalam memulai blog, janganlah Anda ingin meniru-niru atau menjadi copycat dari blogger lainnya. Jadilah diri sendiri dan menulislah sesuai dengan passion Anda.

Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda. Akan sangat merepotkan jika Anda hanya mengekor kepada blogger lainnya. Untukt itu, Anda perlu menentukan niche atau topik yang akan Anda bahas. Pastikan bahwa ini adalah sesuatu yang Anda minati dan menguasai, agar Anda dapat menulis dengan mudah dan menyenangkan.

4. Buat Daftar Ide Posting

Sebelum memulai blog, Anda sebaiknya membuat daftar ide posting yang akan Anda tulis. Sebab, hal ini akan sangat membantu Anda agar tetap terorganisir dan memastikan bahwa Anda memiliki cukup bahan untuk posting secara teratur.

Jika Anda kesulitan menemukan ide, coba cari tahu apa yang orang lain cari di internet, atau tanyakan kepada teman dan keluarga apa yang mereka ingin baca di blog Anda.

5. Tulis dengan Gaya yang Menarik

Saat menulis posting blog, pastikan untuk menggunakan gaya bahasa yang menarik dan mudah dibaca. Namun demikian, tetaplah menulis sesuai dengan karakter dan gaya Anda sendiri.

Gunakan subjudul untuk membagi posting Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan gunakan paragraf pendek dan bullet points untuk membuat posting Anda lebih mudah dibaca. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang dapat menarik perhatian pembaca, serta membuat mereka betah berada di blog Anda.

6. Tambahkan Gambar atau Video

Tulisan yang indah hanya akan menarik perhatian pembaca selama beberapa detik. Untuk membuat blog Anda lebih menarik, gunakan gambar atau video untuk melengkapi tulisan di blog Anda. Hal ini akan membantu pembaca memahami lebih baik apa yang Anda tulis, dan juga akan membantu blog Anda terlihat lebih menarik.

7. Desain Blog yang Menarik

Desain blog yang menarik akan membantu menarik perhatian pembaca dan membuat mereka betah berlama-lama di blog Anda. Pilih desain yang sesuai dengan niche Anda dan pastikan bahwa desain tersebut mudah dibaca dan dilihat di segala jenis perangkat (responsive).

8. Promosikan Blog Anda

Setelah Anda memulai blog, jangan lupa untuk mempromosikannya atau membagikannya kepada orang lain. Hal itu diperlukan agar blog Anda lebih cepat dikenal oleh audiens. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lainnya.

Selain itu juga tidak ada salahnya jika Anda juga membagikan tulisan dari blog Anda ke WhatsApp, WA group, Telegram, forum online, atau bergabung dengan komunitas blogger.