adplus-dvertising
Friday , October 7 2022
Ketahui Beragam Skill yang Harus Dikuasai oleh Seorang Full Stack Web Developer

Ketahui Beragam Skill yang Harus Dikuasai oleh Seorang Full Stack Web Developer

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia website, tentu Anda sudah menyadari bagaimana perkembangannya seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan teknologi. Bahkan, istilah Full Stack Web Developer yang dulunya terdengar asing, dewasa ini sudah semakin populer.

Maka tidak mengherankan jika saat ini semakin banyak orang yang ingin menjadi web developer mumpuni, sehingga kesadaran untuk belajar bahasa pemrograman sejak dini pun semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan mengikuti kelas web development.

Jika Anda ingin menjadi seorang web developer yang berkualitas, maka Anda harus menguasai beragam kemampuan atau skill untuk mendukung profesi atau pekerjaan yang Anda geluti tersebut.

Skill Full Stack Web Developer

Berikut ini adalah beberapa keahlian yang harus Anda miliki dan kuasai dengan baik jika ingin memiliki posisi Full Stack Web Developer yang berkompeten serta berkualitas.

1. Front-end Website

Front-end website merupakan hal-hal yang berhubungan dengan visual, penampakan, user interface (UI) dan pengalaman pengguna atau user experience (UX), di mana semua itu sangat urgen untuk Anda pelajari dan kuasai dengan baik.

Beragam hal penting harus Anda dikuasai dengan baik sehingga potensi yang Anda miliki di bidang front-end website ini akan terasah dengan optimal, antara lain:

  • HTML (Hypertext Markup Language), yakni teknologi yang berperan dalam membuat halaman sebuah website serta menjadikannya tampak menarik. Adapun versi HTML yang harus Anda kuasai minimal HTML5 dengan metode semantic web. Anda pun juga harus mulai mempelajari HTML6 yang saat ini sudah hadir.
  • CSS (Cascading Style Sheets) yang merupakan protokol untuk menyeragamkan komponen yang ada di dalam sebuah website. Anda pun harus menguasainya dengan baik, minimal untuk CSS3.
  • Javascript, yaitu bahasa pemrograman untuk web building yang cukup kompleks. Javascript sangat bermanfaat baik itu untuk kebutuhan front-end ataupun back-end. Hal lainnya yang masih berhubungan dengan Javascript adalah AngularJS, jQuery, dan sebagainya.

Ketiga hal di atas merupakan syarat wajib bagi Anda yang ingin memiliki profesi di bidang front-ent developer. Selain itu, sebaiknya Anda juga memahami situs pembuat website lain yang sangat populer, seperti WordPress, Joomla dan Blogger.

2. Back-end Website

Back-end website merupakan sisi yang tidak terlihat oleh pengguna. Bisa dikatakan, back-end ini merupakan “bagian dapur” di mana terdiri dari beragam pengaturan yang rumit dan kompleks.

Bagi Anda seorang web developer kelas tinggi, maka ada beberapa hal yang harus Anda kuasai dengan baik, antara lain:

  • Web Server, yakni sebuah teknologi yang berhubungan erat dengan server pemilik website serta kelancaran proses peluncuran website ke situs internet. Sebagai seorang pengembang websiye, Anda perlu menguasai Apache, Nginx, dan lainnya.
  • Situs database yang berhubungan dengan data yang terkait dengan konten serta user interaction with client. Beragam informasi yang didapatkan akan disimpan agar dapat diakses kembali. Da beberapa yang harus Anda kuasainya, misalnya saja MySQL, Cassandra, Redis, dan lainnya.
  • Bahasa pemrograman yang sangat berguna dalam menyempurnakan website. Bahasa pemrograman ini umumnya akan berhubungan juga dengan pengaturan website dari sisi front-end. Untuk memahami sistem back-end dengan baik, Anda harus meguasai PHP, Ruby, NodeJS, dan pendukung lainnya.

3. Sistem Administrasi Website

Selain urusan front-end dan back-end, ada satu lagi yang harus dikuasi oleh seorang Full Stack Web Developer yang handal, yakni sistem administrasi. Adapun sistem administrasi ini sendiri merupakan jembatan yang menghubungkan antara sisi front-end dengan back-end website.

Beragam skill yang harus Anda kuasai di bidang sistem administrasi website ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi yang berguna untuk menjalankan aplikasi pemrograman di website, misalnya saja Linux atau pun Microsoft Windows. Selain itu, pada sistem operasi juga ada berbagai pemrograman lainnya yang perlu Anda pahami dengan baik.
  • Search engine, yakni sistem pencarian yang mengkoneksikan antara website dengan klien di seluruh dunia. Jika website sudah terhubung dengan sistem pencarian, maka website pun akan dengan mudah ditemukan oleh pengguna.

Itulah beragam skill atau keahlian yang harus dikuasai dengan baik oleh seorang Full Stack Website Developer yang handal. Banyak cara untuk mengasah kemampuan Anda sebagai pengembang website, salah satunya dengan mengikuti web development bootcamp yang diadakan oleh Binara Academy.