adplus-dvertising
Friday , October 7 2022
Manfaat Alat Pembayaran Non Tunai (Cashless) untuk Bisnis

Ketahui 5 Manfaat Alat Pembayaran Non Tunai (Cashless) untuk Bisnis

Seiring dengan perubahan zaman dan kemajuan teknologi, metode pembayaran semakin berkembang. Salah satunya adalah dengan hadirnya beragam alat pembayaran non tunai yang sudah umum digunakan saat ini.

Munculnya alat pembayaran non tunai (cashless) ini sangat dipengaruhi oleh pekembangan cashless society, yakni kelompok masyarakat yang melakukan transaksi keuangan tanpa melibatkan uang tunai. Maka tidak mengejutkan jika dewasa ini sudah banyak ditemui berbagai jenis mesin pembayaran non tunai hingga e-wallet atau dompet digital.

Jenis Alat Pembayaran Non Tunai

Adapun jenis-jenis alat pembayaran non tunai yang saat ini sudah banyak digunakan dalam aktivitas transaksi sehari-hari antara lain cek, kartu prabayar (prepaid), kartu ATM atau debit, kartu kredit, nota kredit, nota debet, bilyet giro, hingga uang elektronik (e-money).

Bahkan, beberapa di antara alat pembayaran cashless tersebut sudah didukung dengan aplikasi yang dapat diinstall di ponsel agar jalannya transkasi semakin mudah dan aman untuk dilakukan.

Manfaat Alat Pembayaran Non Tunai untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan alat pembayaran non tunai untuk aktivitas bisnis.

1. Proses Transaksi Lebih Cepat

Ketika pelanggan membayar tunai maka akan membutuhkan waktu untuk mengambil uang dan adakalanya kasir membutuhkan waktu untuk mengambil kembalian. Hal ini akan berpotensi menimbulkan penumpuka antrian.

Pada gerai-gerai yang memiliki antrian cukup panjang, akan lebih cepat terurai apabila pelanggan melakukan pembayaran non tunai. Karena kasir hanya butuh scan dan uang terpotong secara otomatis. Sehingga selain pelanggan tidak perlu menunggu lama pekerjaan kasir juga lebih efektif serta produktif.

2. Proses Pelayanan Menjadi Lebih Cepat

Seiring dengan semakin banyaknya layanan counter dan fast casual pop up store, pelanggan akan bisa merasakan perbedaannya. Di mana pelanggan akan merasa lebih nyaman sekaligus proses belanja bisa berjalan lebih cepat.

Hal ini tentunya akan mempertahankan bahkan menambah pelanggan toko Anda sehingga omzet Anda juga semaki meningkat.

3. Toko Lebih Aman dan Meminimalisir Terjadinya kecurangan

Pada beberapa tahun belakangan ini, kasus pencurian dari mesin kasir cenderung sering terjadi. Baik oleh perampok ataupun kecurangan dari para karyawan itu sendiri. Namun semakin meningkatnya sistem keamanan seperti alarm dan CCTV, minimnya uang kas di mesin kasir juga secara tidak langsung mengurangi aksi pencurian ini.

Pembayaran non tunai memang cenderung lebih aman karena sulit dicuri dan juga lebih rumit jika harus dicurangi.

4. Mempermudah Proses Pembukuan

Penghitungan uang cash secara manual berpotensi terjadi kesalahan. Termasuk ketika membuat laporan keuangan atau pembukuan. Jika melakukan pembayaran secara non tunai, Anda hanya perlu mencocokkan dengan saldo di bank atau dompet digital.

Terlebih jika Anda menggunakan aplikasi seperti GoKasir, maka setiap jenis pembayaran akan terekap dan dikelompokkan sendiri-sendiri. Sehingga lebih mudah bagi Anda untu melakukan pengecekan dan pencocokan laporan keuangan.

5 Memudahkan Perekapan Data

Jika pelanggan melakukan pembayaran non tunai, secara otomatis data transaksi sudah tersedia dalam bentuk digital. Jika Anda melakukan transaksi dan langsung terinput melalui aplikasi kasir seperti GoKasir, maka penginputan data akan semakin mudah.

Itulah beberapa manfaat pembayaran secara non tunai untuk aktivitas bisnis Anda. Jika Anda masih memikirkan kesulitan mengumpulkan uang di masing-masing dompet digital. Sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah. Karena setiap dompet digital, umumnya bisa diakses dengan mobile banking.

Anda hanya perlu memindahkan saldo digital Anda di akhir hari untuk memastikan uang catatan dan riil sudah sesuai. Jangan lupa untuk memperhitungkan jika pemindahan saldo dari dompet digital ke rekening dikenai biaya.